Kronik polri

Dongkrak Pelayanan Kesehatan Puskesmas Dobo Gelar MLKLS

KEPULAUAN ARU — persbhayangkara.id MALUKU

Guna mengevaluasi mutu dan kualitas pelayanan kesehatan di wilayahnya, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Dobo gelar kegiatan Mini Loka Karya Lintas Sektor (MLKLS) yang bertempat di ruang auditorium lantai II Puskesmas Dobo, Kelelurahan Galaydubu, Kecamatan Pulau-Pulau Aru, Kabupaten Kepulauan Aru, Kamis (7/7/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Pulau-Pulau Aru, Robinson Ngeborsien, Kepala Dinas Kesehatan diwakili, Thomas Anmama, Danramil 1503-03/Dobo Kapten Inf, Doddy Masaoy, Kapolsek Pulau-pulau Aru, Iptu, L. Siwabessy, Kepala Dinas BKKBN, dr. H.H Darakay, Sekcam Pulau-Pulau Aru, Asye Tiwery, Kepala Puskesmas Dobo, Maria Karemy, Kepala Desa Tungu, Hotman Warkula, Kepala Desa Wokam diwakili, Sekdes A. Tafuran, Kepala Desa Gorar, Ignasius Hanubun, Kepala Desa Tunguwatu, Nofela Siksikul, Pegawai dan staf Puskesmas Dobo, para Ketua RT/RW se-kota dobo, para Kader PKK Puskesmas Dobo dan tamu undangan.

Camat Pulau-Pulau Aru, Robinson Ngeborsien dalam sambutannya mengatakan, selaku kepala wilayah kecamatan dirinya sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan dimaksud, sebab tujuannya baik untuk pengembangan mutu dan kualitas pelayanan terhadap tenaga medis di bumi Jargaria/Sarkwarisa. Untuk itu, dirinya mengajak dua Puskesmas yang berada di kota Dobo, yakni Puskesmas Dobo dan Puskesmas Siwalima agar di tahun 2022 ini secepatnya melengkapi dokumen pelayanan kesehatan pada wilayah kerjanya masing-masing untuk dievalusai.

“Saya mau ingatkan kita agar di tahun anggaran baru 2022 ini, mari kita berkomitmen bersama untuk lebih meningkatkan kualitas kinerja kita terkhusus kepada Puskesmas Siwalima dan Puskesmas Dobo. Jadi segera lengkapi semua dokumen agar kita dapat mengembangkan kinerja tenaga medis di wilayahnya masing-masing. Ya ini agar kita dapat mengetahui perkembangan dan situasi pelayanan kesehatan dari masyarakat setiap hari,” tulisnya

Selain itu, dirinya juga mengapresiasi kinerja pelayanan dua Puskesmas (Dobo-Siwalima) atas capaian dan prestasi yang diraih dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarkat. Memang, tambah dia, tidak mudah untuk mencapai semua itu karena membutuh komitmen yang kuat. Untuk itu jangan lengah, tetapi terus tingkatkan kinerja pelayanan kesehatan dengan membangun komunikasi lintas sektor demi tercapainya pelayanan kesehatan yang baik dan tepat sasaran.

“Saya minta untuk selalu menjaga prestasi kerja yang selama ini telah di raih ya. Perlu kita sadari bersama ada beberapa kekurangan dalam pelayanan kesehatan di tahun-tahun sebelumnya. Untuk itu tingkatkan terus kinerja saat ini, lakukan komunikasi lintas sektor, agar dapat dicapai pelayanan kesehatan baik dan tepat sasaran,” pintanya

Di tempat yang sama, Thomas Anmama dalam sambutanya wakili Kadis Kesehatan mengingatkan seluruh kader kesehatan pada dua Puskesmas agar bergandengan tangan dalam berbagai kegiatan. Kesehatan masyarakat di tingkat RT/RW hingga Desa harus dimonitoring dengan baik. Salah satunya monitoring kegiatan imunisasi dasar. Sebab, menurut dia, kegiatan imunisasi dasar di Kabupaten Kepulauan Aru, khususnya di dua wilayah kerja (Puskesmas Dobo dan Siwalima) belum berjalan secara baik. Alhasil, sering terjadi miskomunikasi antara tenaga medis dan masyarkat.

“Ingat kita perlu membuat komunikasi dengan baik agar jagan lagi terdapat kesalahan di lapangan dalam pelayanan kita. Pelayanan imunisasi untuk ibu hamil harus dilakukan secara lengkap dan di pantau setiap hari, sampai paskah melahirkan dan dilanjutkan dengan imunisasi bayi dan balita. Jangan lagi ada miskomunikasi oleh pihak petugas atau kader yang berada di lapangan, sehingga pelayanan tidak dilaksanakan secara baik. Jadi itu, komunikasi lintas sektor penting agar seluruh keluhan dan penyakit masyarakat dapat di ketahui dan di atasi secara baik sesuai standar pelayanan kesehatan,”terangnya. (Nus Yerusa/Ambon Illang)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top