Kronik polri

Unit Tipidter Sat Reskrim Polres Muaro Jambi mengamankan Satu Mobil Bermuatan Minyak Mentah

MUARO JAMBI – persbhayangkara.id JAMBI

Unit Tipidter Sat Reskrim Polres Muaro Jambi mengamankan Satu Orang Tersangka Dan Barang bukti 2000 liter minyak mentah ilegal tanpa Surat ijin lengkap.

Kapolres Muaro Jambi AKBP Yuyan Priatmaja SIK,.MH Melalui Kasi Humas AKP Amradi SE saat dikonfirmasikan bersama Opsnal Dan Unit Tipidter Sat Reskrim Polres Muaro Jambi telah satu sopir dan kendaraan grandmax bermuatan minyak mentah kurang lebih 2000 liter Rabu,(29/06) dijalan poros unit III (tiga ) kecamatan sungai Bahar.

Kasi Humas menjelaskan penangkapan tersebut berdasarkan Laporan Polisi Nomor :LP/A-194/VI/2022/Ma.Jambi/SPKT, tanggal 29 Juni 2022.

Unit Opsnal dan Unit Tipidter Sat Reskrim Polres Muaro Jambi sedang melaksanakan Patroli di seputaran Desa Panca Mulya Kec. Sungai Bahar Kab. Muaro Jambi. Pada Rabu (29/06) malam sekira pukul 20.Malam di wilayah Kecamatan Sungai Bahar Kabupaten Muaro Jambi.

Saat sedang Melakukan Patroli dan tiba di Jalan Poros Unit III Desa Panca Mulya Kec. Sungai Bahar Kab. Muaro Jambi.

Tim menemukan 1 (satu) unit mobil Daihatsu Grand Max Pick Up warna hitam dengan No.Pol: BH 8566 MQ yang dikendarai oleh sopir Berinisial E (35) warga Palembang bertempat tinggal di Musi Banyuasin, saat diperiksa isi bawaan mobil petugas menemukan dua buah tedmond yang diduga berisikan minyak mentah/bumi.

Dari keterangan sopir mengaku mengangkut minyak mentah kurang lebih 2000 liter,saat ditanya surat perizinan ,E(35) tidak dapat memperlihatkan surat ijin pengangkutan minyak mentah, kemudian tersangka dan barang bukti di giring petugas ke Mapolres Muaro Jambi guna proses lebih lanjut. Rabu 06/07/22

setelah dilakukan pemeriksaan E (35) membeli minyak mentah dari daerah Desa Bukit Subur Kec. Bahar Selatan Kab. Muaro Jambi dengan harga Rp. 7.000.000,- untuk dua tedmon yang masing-masing berukuran 1.000 Liter.

Rencananya akan dibawa oleh tersangka ke tempat olahan atau masakan tradisional di daerah Patin Kec. Bayung Lencir Kab. Musi Banyuasin, dan untuk dijual dengan harga Rp. 8.760.000,- untuk dua tedmon.

Tersangka E (35) juga mengaku telah mengangkut minyak mentah sebanyak dua kali.

Kasi Humas Juga Menyampaikan “Setiap Orang yang melakukan eksplorasi dan atau eksploitasi tanpa adanya kontrak kerja sama sebagaimana dimaksud dalam Pasal 52 UU RI No. 22 tahun 2001 tentang Minyak dan Gas bumi sebagaimana telah diubah dalam rumusan Pasal 40 angka 7 UU RI nomor 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan/atau Barang siapa membeli, menyewa, menukar, menerima gadai, menerima hadiah, atau untuk menarik keuntungan, menjual, menyewakan, menukarkan, menggadaikan, mengangkut, menyimpan, atau menyembunyikan sesuatu benda yang diketahui atau sepatutnya harus diduga diperoleh dari kejahatan penadahan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 480 angka 1 KUHPidana.

Dengan Ancaman Pidana Penjara paling lama 6 Tahun dan denda paling tinggi Rp. 60.000.000.000, (enam puluh milyar rupiah).

Untuk barang bukti yang berhasil : jenis 1 (satu) unit mobil Daihatsu Grand Max Pick Up warna hitam dengan No.Pol: BH 8566 MQ berikut kunci kontak yang bermuatan dua buah tedmond yang berisikan minyak diduga minyak Mentah/Bumi sebanyak ± 2.000 liter. (Hermanto)

Sumber : Humas PMJ

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top