Liputan Berita Politik,Hukum dan Keamanan

Hendak Membatalkan Sertifikat, Dua Orang Mafia Tanah Dibekuk 

MAKASSAR – persbhayangkara.id SULAWESI SELATAN

Dua orang pelaku Pemalsuan Surat Tanah dibekuk (Mafia tanah), kedua pelaku melancarkan aksinya dengan modus meminta kantor Pertanahan Kota Makassar membatalkan sertifikat tanah hak guna bangunan dengan dasar foto copy sertifikat tanah.

Kanit Resmob Polda Sulsel, Kompol Dharma Negara pada Jum’at (1/7/2022), mengatakan, Pengungkapan kasus ini bermula saat kedua pelaku meminta kantor Pertanahan Kota Makassar untuk mengecek dan membatalkan sertifikat Tanah Hak Guna Bangunan No. 20026 dengan dasar foto copy, sertifikat Tanah Hak Guna Bangunan No. 20027, sertifikat Tanah Hak Guna Bangunan No 20017 dengan dasar foto copy Sertifikat Hak Milik No. 2412 yang sudah dilegalisir.

Pihak BPN Kota Makassar Kemudian mengecek dan hasilnya sertifikat tersebut tidak terdaftar (palsu). Dengan adanya kejanggalan tersebut Kepala BPN Kota Makassar melaporkan di Mapolda Sulsel sertifikat yang diajukan inisial EY(51). Laporan ditindaklanjuti. 

Selanjutnya tim Resmob Polda Sulsel diturunkan melakukan penyelidikan dipimpin Kanit Resmob Polda Sulsel, Kompol Dharma  Negara didampingi Panit III, IPDA Abdillah Makmur dan personel.

Setelah kuat dugaan adanya pemalsuan dokumen yang dilakukan kedua pelaku yang sudah dikantongi identitasnya, selanjutnya tim Resmob menangkap pelaku inisial EY dan AS (63).

“Dari hasil interogasi, keduanya mengakui perbuatannya bahwa betul dirinya melakukan perlawanan hukum. Dengan demikian kedua yang bersangkutan dan barang buktinya diamankan untuk kepentingan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut,” pungkas Kanit Resmob Polda Sulsel Kompol Dharma Negara (Andi Akbar Raja)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top