Liputan Seputar TNI

Walau Medan Sulit Tidak Menghalangi Satgas Yonif 410/Alg Melaksanakan Patroli Patok

BOVEN DIGOEL – persbhayangkara.id PAPUA

Memastikan patok batas Negara Kesatuan Republik Indonesia selalu dalam keadaan aman, kondisi baik dan terjaga, Pos Jajaran Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 410/Alugoro melaksanakan patroli patok perbatasan di sepanjang perbatasan Selatan Papua tepatnya di Wilayah Kabupaten Boven Digoel, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 410/Alugoro Letkol Inf Suhendro Alim Prayogo, S.Sos MH dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Boven Digoel, Papua, Rabu, (29/6/2022).

Dansatgas mengungkapkan bahwa ada 14 Patok yang menjadi tanggung jawab kami, imbuhnya” kegiatan patroli patok batas negara ini merupakan salah satu tugas pokok dari Satgas Yonif 410/Alugoro dengan tujuan meminimalisasi atau mencegah dan mengatasi apabila terdapat ancaman dari pihak asing maupun kegiatan kriminalitas lintas batas di wilayah perbatasan antar kedua Negara.

“Salah satu tugas Satgas Pamtas RI-PNG adalah menjaga keutuhan wilayah perbatasan negara, serta mengatasi ancaman pada masa sekarang maupun yang akan datang terhadap kedaulatan negara yaitu dengan melaksanakan patroli menuju ke patok perbatasan negara sebagai cek poinnya,” ucap Dansatgas.

Sementara itu, Letda Inf M. Habib Siregar (Pasi Ops Satgas) menyebutkan pelaksanaan patroli ini ditempuh dengan medan yang tidak mudah dengan kondisi bervariasi dari semak Belukar, Hutan, Rawa hingga Melewati Sungai.

“Sepanjang perjalanan saat melintasi medan tersebut dilakukan dengan kewaspadaan dan penuh hati-hati sebab keadaan alam Papua yang masih jarang terjamah sehingga kita tidak tahu bahaya apa yang mengancam.” ujarnya.

Pelaksanaan patok khusus Perbatasan ini dilaksanakan oleh seluruh pos yang memiliki tanggung jawab patok dan dengan semangat yang kuat Satgas Yonif 410/Alugoro berhasil melaksanakan patroli dalam keadaaan aman meskipun terdapat kendala dan hambatan itu adalah sebuah tantangan. (pen-Alg)

Publis : Alvyyan/Hamdi Fahmi Sab

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top