Liputan Lintas Nasional

Penilaian Lapang Lomba Desa dan 10 Program TP PKK Provinsi Jatim di Desa Kendalbulur Tulungagung

TULUNGAGUNG – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Desa Kendalbulur menjalani penilaian lapang untuk Lomba Desa dan 10 Program Pokok TP PKK tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2022 pada Kamis, (23/6/2022), berdasarkan hasil evaluasi lomba perkembangan desa dan kelurahan Kabupaten Tulungagung Tahun 2022, Desa Kendalbulur Kecamatan Boyolangu memperoleh nilai tertinggi akan diajukan sebagai perwakilan Kabupaten Tulungagung untuk mengikuti pelaksanaan lomba Desa dan 10 Program Pokok TP PKK Provinsi Jawa Timur 2022.

Adapun beberapa program unggulan Desa Kendalbulur yang menjadi prioritas Pemdes yakni Program Pelayanan kendalbulur SIAP (Santun, Ikhlas, Amanah, Profesional), Program Desa
Digital, Program subsidi SADEWA (Santunan Desa Untuk Warga), Program Kampung Kambing, Kampung Patin, Kampung Tembakau, dan Kampung Seni Budaya sebagai program pemberian subsidi ke kelompok-kelompok masyarakat, guna pemberdayaan serta menumbuhkan perekonomian masyarakat.

Tak seperti penilaian tahun-tahun sebelumnya yang dilakukan secara terpisah antara Lomba Desa dengan Program Pokok TP PKK, pada tahun 2022 ini penilaian dilakukan secara bersamaan.

Rombongan Tim Penilai lapang Lomba Desa dan 10 Program Pokok TP PKK bersama dengan Ketua Umum TP PKK Provinsi Jatim, Arumi Bachsin menuju Balai Desa Kendalbulur disambut langsung oleh Bupati Tulungagung, Drs. Maryoto Birowo, M.M dan Wakil Bupati Tulungagung Gatut Sunu Wibowo, S.E beserta Ketua TP PKK Kabupaten Tulungagung Ny. Siyuk Maryoto Birowo dan jajaran TP PKK Kabupaten Tulungagung.

Sambutan Bupati Maryoto Birowo mengucapkan terima kasih atas kehadiran rombongan Ketua TP PKK Provinsi Jatim bersama Tim Penilai Lapang. Bupati berharap agar penilaian lomba desa dan 10 Program Pokok TP PKK ini membawa manfaat bagi masyarakat Tulungagung, khususnya bagi Pemdes Kendalbulur agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat.

“Semoga membawa berkah tersendiri bagi Pemkab Tulungagung umumnya dan Desa Kendalbulur khususnya, dan semoga mendapat nilai terbaik dalam penilaian lapang,” harap bupati.

Lanjut Bupati Maryoto Birowo mengatakan, bahwa lomba ini merupakan motivasi dan evaluasi bagaimana pembangunan sebuah daerah dimulai dari Desa.

“Banyak komponen dan variable dari desa harus kita sinergikan. Pemdes dan masyarakat desa perlu terus didorong agar senantiasa kreatif dan inovatif, karena di desalah
terletak berbagai potensi sumber daya untuk pembangunan,”. Ujar bupati.

Lanjut Ketua TP PKK Provinsi Jatim Arumi Bachsin mengucapkan terima kasih atas
sambutan yang meriah dengan tarian Reog Kendang dari siswa-siswi SD Kendalbulur. Ibu Arumi
turut mengapresiasi partisipasi seluruh lapisan masyarakat Desa Kendalbulur pada acara ini.

Selanjutnya, Arumi Bachsin berharap agar inovasi-inovasi yang dihasilkan oleh Pemdes
Kendalbulur juga TP PKK Desa Kendalbulur tidak hanya dilaksanakan di Desa Kendalbulur saja,namun juga bisa diterapkan di desa-desa lain di Pemkab Tulungagung.

Selesai sambutan, acara dilanjutkan dengan penilaian lapang di seluruh program Pemdes Kendalbulur serta inovasi-inovasi kelompok kerja (Pokja) TP PKK Desa Kendalbulur. Hms/Sulton

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top