Liputan Lintas Nasional

Bupati Sidoarjo Kukuhkan Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama

SIDOARJO – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor hari Minggu tanggal 19/6/ 2022, di mulai pukul 18.00 hingga pukul 21.50 Wib, telah meresmikan dan mengukuhkan FKUD, bertempat di Pura Jala Siddhi Amertha, Jalan Raya Juanda No. 10A,Semambung, Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo, pengukuhan pengurus (FKUB) Forum Kerukunan Umat Beragama untuk periode 2001-2006, acara kegiatan diikuti sekitar 200 orang dengan penanggungjawab ( Idham Kholiq.S,. Sos. M. AP).

Pejabat yang hadir H Ahmad Ali Muhdlor (Bupati Sidoarjo) didampingi Moh. Arwani (Kepala kemenag),Dr. H. Shofwan,. SH M SI (FKUB Provinsi),
KH.Zainal Abidin ( Ketua PCNU Sidoarjo), serta Jero Mangku Made Astika (Pemangku Pura Jala siddhi Amerta).

Sebanyak 20 orang Kader kader FKUD , pada malam hari resmi di kukuhkan Bupati Sidoarjo,dan perihal struktur kepengurusannya diantaranya, untuk FKUB Peduli ( H. Abdul Fatah), dan sebagai Koperasi kerukunan ( Aglek Kuswanto), Generasi muda FKUB ( Dody Arif. S) , Satgas kerukunan FKUB ( Yusak Arifin), Komisi pemberdayaan perempuan (Retno Suyanti, lali Koordinator moderasi Beragama (H. Noer Hinda. M. Pd, FKUB media ( Mulyadi)..

Tiba pukul 20.20 Wib sambutan ketua FKUB Idham Kholiq.S,. Sos. M. Ap, Dulu di tahun 2018-2019 sampai sekarang ini telah dikembangkan konsep pembelajaran kerukunan, itu berbasis partisipasi, yang alhamdulillah FKUB 2017 dapat membangun partisipasi, ada generasi muda ini banyak didukung oleh teman-teman Mitra ada PT Avian, selain itu Bupati sering dan selalu mendukung serta menyumbang cat untuk rumah-rumah ibadah.

Seluruh umat beragama berpartisipasi terlibat di dalam usaha-usaha menjaga kerukunan di Sidoarjo Insya Allah Tahun 2022 ini akan membangun paguyuban-paguyuban kerukunan di kampung-kampung yang terletak di perumahan-perumahan, saat ini sedang menyelenggarakan sekolah moderasi beragama outputnya mereka dari keluarga besar ini akan menjadi kader-kader kerukunan, sekarang di tiap-tiap perumahan mempunyai lima kader, celetuknya.

Lanjut Bupati Sidoarjo menyerahkan penghargaan kepada mitra FKUB,dan segenap penerima penghargaan tersebut adalah dari,

a. PT. Avian
b. Siantar top peduli
c. PT. IndorDesa Nutritional laboratories.
d. PT. Sinar Sosro Sidoarjo.
e. PT. Uniliver Indonesia Tbk Surabaya.
f. PT. Gaya makmur surabaya
g. PT. Surveyor Indonesia Surabaya
H. PT. Sian A Six Fiften Pasuruan.
i. Yayasan bangun benih bangsa.
j. Yayasan hati hamba.
k. LAZISNU
l. UNUSIDA
m. Klinik dr. Andre. Y
n. Stw 88.
o. Pura Jala Siddhi Amertha.
p. Paud inklusi trisula melati.

Dalam kesempatan tersebut sambutan Gus Muhdlor memaparkan, Perlu ini saya sampaikan, bahwa komitmen di depan kalau sudah jadi Bupati maka bukan hanya Bupati satu agama, Bupati satu golongan, Bupati satu ormas, Bupati 1 suku ataupun Bupati satu partai, tetapi adalah Bupati untuk semua masyarakat yang ada di Sidoarjo.

b. FKUB punya peranan penting di Sidoarjo tadi sempat di singgung oleh ketua FKUB terkait bahwa ketika Kabupaten Sidoarjo punya UMR yang cukup tinggi dari Jakarta hanya selisih 100- 200.000 maka arus urbanisasi ke Sidoarjo sudah tidak bisa dibendung lagi hasilnya adalah ketika urbanisasi tinggi,maka heterogenitas warganya juga semakin bermacam-macam .

c. Oleh karena itu FKUB harus hadir dan punya partisipasi aktif untuk jembatan sebagai perekat perbedaan itu, serta memberikan edukasi lebih ke masyarakat bahwasanya berbeda itu biasa berbeda itu wajar dan mengarahkan bahwa perbedaan adalah Khazanah kebudayaan yang sudah sekian lama ada di Indonesia yang kita cintai bersama.

Tepat pukul 21.08 Wib, pembacaan doa oleh 6 agama, dengan beda beda menyuarakan, menunjukkan cara cara berdoa terhadap Sang Khalik, mulai dari , Islam, Kristen,
Katolik, Hindu, Budha, Konghucu.

Alhasil pukul 21.50 Wib, pengukuhan pengurus FKUB selesai, selama pelaksanaan berjalan dengan lancar, aman, dan tertib, Alhamdulillah Kabupaten Sidoarjo mempunyai perkumpulan persatuan keaneka ragaman yang kompak dan bersatu meski berbeda beda cara berdoa dan beribadah, Organisasi FKUD resmi dikukuhkan Pemkab Sidoarjo. Sulton

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top