Liputan Lintas Nasional

Jatim Raih Peserta Terbaik Kategori Instansi Pemerintah Outstanding Achievement

Dalam Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik 2022

JAKARTA – PERSBHAYANGKARA.ID

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa dan diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Hudiyono yang mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.
Pemprov Jatim meraih Penghargaan Enam Peserta Terbaik Kategori Instansi Pemerintah Outstanding Achievement pada Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik ke-4 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KEMENPAN-RB), Kamis (16/06/2022) di Jakarta.

Penghargaan tersebut diserahkan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa dan diterima oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Hudiyono yang mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa mengungkapkan, pada kompetisi ini, pemenang ditetapkan berdasarkan hasil evaluasi lanjutan berupa wawancara melalui ruang virtual zoom meeting yang telah dilaksanakan pada tanggal 23-30 Mei 2022 oleh Tim Evaluasi secara independen.

“17 Pengelola Pengaduan Terbaik tersebut terdiri dari Instansi Pemerintah (IP) Kategori Outstanding Achievement, 10 Instansi Pemerintah dengan kategori Aspek Pengelolaan dan Perubahan Terbaik, Aspek Keberlanjutan, Konektivitas, dan Dampak Terbaik, serta 5 Unit Penyelenggara Pelayanan Publik (UPP) terbaik,” ujar Diah, Kamis (16/06) di Jakarta.

Selain itu, penyerahan penghargaan juga diberikan kepada 51 Peserta Terbaik. Seperti tahun sebelumnya, kompetisi ini didukung pula oleh Korea International Cooperation Agency (KOICA) dan United Nations Development Programme (UNDP).

Dikatakannya, prosedur penilaian kompetisi ini sesuai dengan Keputusan Menteri PANRB No. 1473/2021 yang menjadi pedoman penyelenggaraan kompetisi ini. Adapun dalam menentukan peserta terbaik untuk kategori IP Umum dan UPP, Tim Penilai Dokumen memperhatikan perimbangan komposisi dari aspek keterwakilan masing-masing jenis instansi peserta kompetisi.

Tujuan diselenggarakannya penganugerahan ini yakni sebagai strategi untuk memberikan contoh praktik baik kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, terutama dalam hal pertukaran pengalaman dan pembelajaran pengelolaan pengaduan pelayanan publik.

Sejak dimulai pada awal tahun, kompetisi ini berhasil menjaring 573 pendaftar dari seluruh kementerian, lembaga, BUMN, BUMD, dan pemerintah kabupaten/kota di Indonesia. Jumlah sebanyak itu kemudian disaring kembali menjadi 434 pengelola, dan terakhir disaring kembali menjadi 51 peserta, lalu dikerucutkan jadi 17 peserta. Sult

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top