Kronik polri

Gaktibplin Digelar Seksi Propam Seusai Pelaksanaan Apel Pagi Polresta Palangka Raya

PALANGKA RAYA – persbhayangkara.id KALIMANTAN TENGAH

Seusai pelaksanaan apel pagi Polresta Palangka Raya, Polda Kalteng, Jalan Tjilik Riwut Km 3,5, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Seksi Propam menggelar Penegakan Ketertiban dan Kedisiplinan (Gaktibplin).

Gaktibplin itu pun dilakukan oleh Kasi Propam, Ipda Yudi Wahyudi bersama para personelnya dengan memeriksa sikap tampang dan penampilan seluruh peserta apel yang hadir pada saat itu, Kamis (16/6/2022) pagi.

“Seorang anggota Polri wajib berpenampilan bersih dan rapi mulai dari rambut hingga sepatu, serta menggunakan seragam maupun atribut sesuai dengan ketentuan dan SOP Polri yang berlaku,” tegas Kasi Propam.

Dirinya menambahkan, pemeriksaan tersebut bertujuan untuk menjaga kedisiplinan personel saat menjalankan tugas operasional maupun pelayanan kepada masyarakat dan sanksi pun akan diberikan kepada yang terbukti melanggar, mulai dari hukuman fisik hingga administrasi.

Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan terhadap kelengkapan administrasi para personel, seperti KTP, SIM, KTA dan bukti administrasi bagi yang memegang dan menggunakan senjata api (senpi) inventaris dinas.

“Anggota yang memegang senpi wajib memiliki surat izin maupun surat perintah yang harus selalu di bawa, sebagai bukti legalitas administrasi dan dapat dipertanggungjawabkan saat digunakan dengan SOP yang berlaku,” tutur Ipda Yudi.

Selain kepada personel, para Siswa SPN Tjilik Riwut Polda Kalteng pun juga diwajibkan untuk mengikuti Gaktibplin tersebut, mengingat status mereka yang masih melaksanakan Latihan Kerja (Latja) pada Polresta Palangka Raya hingga saat ini.

Setelah melakukan gaktibplin, ia bersama para personelnya pun mengingatkan agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan (prokes) saat melaksanakan tugas, agar terhindar dari resiko penularan Covid-19 yang masih melanda saat ini.

“Senantiasa untuk tetap mematuhi prokes di masa Pandemi Covid-19 saat ini, seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas dan interaksi saat melaksanakan tugas sehari-sehari,” pungkasnya. (pm/mal-yut)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top