Kronik polri

Begini Modus Penipuan Layanan Bank BRI dan Himbauan Kapolres Batang Hari

BATANG HARI – persbhayangkara.id JAMBI

Di era yang modern, serba canggih dengan digitalisasi, bahkan modus penipuan pun seakan update dengan seiring perkembangan zaman, Sabtu (11/06/2022).

Kali ini pelaku menggunakan nomor dengan kode luar negeri dengan nomor +19543144477 , untuk meyakinkan korban, pelaku menggunakan gaya komunikasi layaknya costumer service yang sudah terlatih menghadapi konsumen.

Dengan berpura-pura menjadi costumer service Bank BRI yang menyampaikan perubahan biaya transaksi antar bank, apabila kita tidak setuju dia meminta empat digit angka belakang kartu ATM lalu meminta nomor hand phone yang terdaftar.

Lalu, pelaku mendaftarkan nomor kartu atm tersebut ke aplikasi shoope melalui direct debit, dan meminta nomor OTP yang diberikan Bank BRI.

Dengan berdalih bahwa sms itu dia yang mengirimkan, dan memujuk korban agar percaya bahwa dia customer service Bank BRI.

Tanpa disadari kita memberikan nomor OTP Bank BRI tersebut berarti kita melakukan transaksi yang sudah didaftarkan pelaku.

Menanggapi modus penipuan ini selaku aparat penegak hukum Polres Batang Hari AKBP M. Hasan menghimbau kepada masyarakat khususnya wilayah hukum polres Batang Hari agar jangan mudah percaya terhadap siapapun yang meminta data pribadi, nomor atm, nomor rekening, bahkan nomor OTP.

“Agar lebih hati-hati dan jangan mudah percaya. Jika sudah menjadi korban penipuan agar segera melapor ke polisi, ” ujar Kapolres Batang Hari.
(HMS/Hermanto)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top