Liputan Lintas Nasional

Peringati Mayday 2022 Massa Buruh KC FSPMI Unjuk Rasa ke Surabaya

Berangkatnya Massa Buruh dari KC FSPMI Unjuk Rasa ke Surabaya Memperingati Mayday 2022

SIDOARJO – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Hari ini Sabtu tanggal 14/5/2022, tepat pukul 07.00 hingga pukul 09.07 Wib,bertempat di depan PT. Pakarti Riken Indonesia /Rumah Rakyat (RR) Dudun Keboan sikep Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo telah berlangsung pelaksanaan pemberangkatan massa buruh dari KC FSPMI (Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia) Sidoarjo, mereka beraksi dalam rangka unjuk rasa ke Surabaya memperingati Mayday 2022, total pengikutnya sekitar 300 orang, dan sebagai penanggungjawab Wahyu (Ketua KC FSPMI Sidoarjo).

Pengunjuk rasa kali ini bertitik kumpul di Rumah Rakyat Desa Keboan sikep Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo (massa PC SPL FSPMI Sidoarjo dan Koorlap Suyatno).

Para pendemo berikut dengan tuntutan sebagai berikut, Tolak omnibus law UU Cipta Kerja,Turunkan harga kebutuhan pokok (minyak goreng, daging, tepung, telur, dll), BBM, dan gas, Sahkan RUU PPRT, Tolak revisi UU PPP, tolak revisi UU SP/SB,tolak upah murah,hapus outspurcing
redistribusi kekayaan yang adil dengan menambah program jaminan sosial (jaminan makanan, perumahan, pengangguran, pendidikan, dan air bersih), Tolak kenaikan pajak PPn, Sahkan RPP perlindungan Anak Buah Kapal dan buruh minyak goreng,tolak pengurangan peserta PBI Jaminan Kesehatan, tidak boleh ada orang kelaparan di negeri yang kaya, tolak perpanjangan masa jabatan presiden atau 3 periode.

Isu dan tuntutan lokal menerangkan sebagai berikut, Ketenagakerjaan,

a) Revisi Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 188/803/KPTS/013/2021 tentang Upah Minimum Kabupaten/Kota di Jawa Timur Tahun 2022. Naikkan UMK di Jawa Timur tahun 2022 sebesar 10% tanpa menggunakan formulasi PP No. 36/2021 tentang Pengupahan.

b) Tetapkan Upah Minimum Sektoral (UMSK) di Jawa Timur tahun 2022 sebagaimana usulan Bupati/Walikota dan hasil rapat Dewan Pengupahan Provinsi Jawa Timur unsur Serikat Pekerja/Serikat Buruh.

c) Berikan sanksi kepada Pengusaha yang tidak membayar Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan Tahun 2022 berupa penghentian alat produksi hingga kegiatan usaha.

Para buruh juga meminta jaminan sosialnya, menagih janji Gubernur Provinsi Jawa Timur dan Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur untuk membuat Perda Jawa Timur tentang Sistem Jaminan Pesangon. Jalankan Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional. Alokasikan anggarkan dari APBD Jawa Timur untuk pembiayaan iuran BPJS Kesehatan segmen PBPU/BP Kelas 3 yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Timur.

Buat Peraturan Gubernur Jawa Timur yang mensyaratkan kepada Pemberi Kerja agar pada saat akan mendapatkan pelayanan publik tertentu, wajib melengkapi bukti kepesertaan aktif BPJS Kesehatan serta bukti pembayaran iuran terakhir. Berikan sanksi administratif tidak mendapatkan pelayanan publik tertentu kepada Pemberi Kerja yang tidak mendaftarkan pekerjanya kepada BPJS Kesehatan.

Berikan sanksi pidana penjara dan pidana denda bagi Pemberi Kerja yang menunggak dan/atau tidak membayar iuran BPJS Kesehatan maupun iuran BPJS Ketenagakerjaan sebagaimana amanat Pasal 19 ayat (1) dan (2) jo Pasal 55 UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS.

Catatan perihal lain disampaikan, Cakupan kepesertaan BPJS Kesehatan di Provinsi Jawa Timur per April 2022 terendah se-pulau Jawa dan peringkat ke-29 dari 34 Provinsi di Indonesia.

Sasaran aksi menuju ke arah, Kantor Gubernur Jawa Timur jalan Pahlawan No 110 Alun-alun Contong Kecamatan Bubutan Kota Surabaya, Kantor DPRD Propinsi Jawa Timur jalan Indrapura No. 1 Kota Surabaya, dan sarana transportasi yang digunakan,Alat Peraga/sarana transportasi,Selebaran tuntutan, Bendera merah putih dan bendera organisasi, Spanduk dan Banner tuntutan. Truck/Pick Up untuk Sound (Mobil Komando) dan Sepeda motor.

Adapun kronologis awal pemberangkatannya, tepat pukul 07.00 Wib massa aksi mulai berdatangan di titik kumpul PT. Pakarti Riken Indonesia Dusun Keboan sikep Kecamatan Gedangan – Sidoarjo sambil menunggu massa yang lain, massa aksi berkumpul di lapangan bola.

Para massa aksi berkumpul dan foto bersama serta menggelar banner yang bertuliskan *PUK SPL FSPMI PT. PAKARTI RIKEN INDONESIA HARI BURUH 2022,massa aksi kembali dan menuju kendaraan masing-masing untuk persiapan berangkat menuju Surabaya, tiba pukul 09.07 Wib, massa aksi berangkat menuju Surabaya dengan pengawalan Polsek Gedangan.

Dari pantauan tim media menyampaikan, bahwa pemberangkatan massa massa buruh dari KC FSPMI (Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia) untuk melakukan aksi unjuk rasa di Surabaya dalam rangka menegakkan, memperjuangkan, serta menuntut hak- haknya yang selama ini belum terpenuhi. Aksi tersebut sebagai bentuk protes yang dilakukan agar pemerintah segera memberikan kebijakan serta, kepastian yang tepat dan tidak memberikan keputusan yang merugikan buruh. Sulton

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top