Liputan Lintas Nasional

Puncak Arus Mudik di Bandara Juanda Hari Kelima Posko, Jumlahnya Melebihi Prediksi

SIDOARJO – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Posko Angkutan Udara Lebaran Tahun 2022 sudah berjalan sejak Senin, 25 April 2022. Selama enam hari pelaksanaan Posko, Bandar Udara Internasional Juanda telah melayani sejumlah 199.303 penumpang. General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, Sisyani Jaffar menyebut bahwa pada hari kelima Posko (Jumat 29 April 2022) atau H-3 menjadi puncak arus mudik dengan jumlah penumpang sebanyak 38.071, sementara puncak pergerakan pesawat tertinggi pada H-4 atau Kamis (28/4) sebanyak 280 pergerakan.

“Sebenarnya prediksi kami puncak pergerakan penumpang pada Hari Sabtu (30/4) sejumlah 37 ribu, namun realisasinya Jumat kemarin menjadi yang tertinggi, melampaui prediksi kami,” terang Sisyani.

Yang menarik menurutnya, jumlah penumpang harian tertinggi selama Posko juga menjadi jumlah penumpang harian tertinggi selama tahun 2022 ini. Disebutnya, rata-rata penumpang harian di tahun 2022 yang sudah berjalan adalah sejumlah 22.750 penumpang per hari.

Sisyani melanjutkan bahwa dari total penumpang yang telah dilayani selama periode posko, rata-rata penumpang per hari adalah sejumlah 33.217 penumpang. “Seperti pada umumnya arus mudik, dari total penumpang yang kami layani selama Posko tersebut, didominasi oleh kedatangan domestik sejumlah 52.820 penumpang dan keberangkatan domestik sejumlah 30.880 penumpang,” jelas Sisyani.

Peningkatan jumlah penumpang di Bandar Udara Internasional Juanda terlihat signifikan terutama pada 4 (empat) hari terakhir atau sejak Kamis 28 April 2022. Diakuinya, selama empat hari tersebut jumlah rata-rata penumpang adalah 35 ribu, meningkat hampir 60 persen dibanding hari operasional sebelum posko atau sejumlah rata-rata 22 ribu penumpang per hari.

Hal yang sama juga terjadi pada pergerakan pesawat. Pihaknya memperkirakan jumlah tertinggi pada periode posko adalah sejumlah 240 pergerakan, sementara realisasinya mencapai 280 pergerakan. Hal ini tidak terlepas dari pelaksanaan ekstra flight yg diajukan oleh maskapai. “Selama Posko ini dari 342 ekstra flight yang diajukan, sudah terealisasi sebanyak 82 flight atau sebesar hampir 24 persen. Untuk pergerakan pesawat harian di tahun 2022 rata-rata 180 pergerakan,” terang Sisyani.

Sisyani melanjutkan, pihaknya telah melayani sejumlah 1.509 pergerakan pesawat selama enam hari Posko berjalan. “Sehingga per hari rata-rata ada sekitar 250 pergerakan pesawat atau 15 pergerakan per jam nya. Di periode lebaran ini kami menambah kapasitas runway dapat melayani hingga 30 pergerakan pesawat per jam,” sambung Sisyani.

Dirinya menambahkan bahwa selama enam hari Posko berjalan tidak ada kejadian khusus/ireguler terkait pelayanan kepada pengguna jasa. “Meski jumlah penumpang meningkat, khususnya di area kedatangan, operasional berjalan baik dan aman. Hal ini tidak terlepas dari dukungan semua instansi untuk mewujudkan mudik aman dan sehat,” pungkasnya.
Sulton

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Berita Terbaru

To Top