Liputan Berita Politik,Hukum dan Keamanan

Menhan Prabowo Subianto Membuka Kunci Perum KRI Nanggala 402

Peninjauan serta Sertifikat dan Kunci Kepada Ahli Waris Perumahan Khusus KRI Nanggala oleh Menhan RI

SIDOARJO – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Hari Rabu tanggal 20/4/2022, di mulai jam pukul 15.24 hingga jam pukul 16.25 Wib, di Perum Rusus KRI Nanggala Desa Kedung Kendo Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo berlangsung kegiatan kunjungan Letjen TNI (Purn) H. Prabowo Subianto (Menhan RI) beserta Rombongan di dampingi Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M (KASAL), Ridwan (PUPR/Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat) penyerahan Sertifikat dan kunci rumah kepada ahli waris perumahan khusus KRI Nanggala jumlah 100 orang penanggung jawab Laksma Yoos Suryono Hadi M.Tr Han, M, Tr Opsla .CHRMP (Danlantamal V Surabaya).

Adapun rombongan Menhan RI, Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto (Menhan RI), Laksdya TNI (Purn) Didit Herdiawan (AK Menhan Bidang Matra Laut), Mayjen TNI Dadang Hendrayudha (Dirjen Pothan), Marsda TNI Yusuf Jauhari (Kabaranahan), Sugiono (Ka LPPTN), Brigjen TNI Rui Duarte (Karo TU dan Protokol), Marsda TNI (Purn) Bambang Eko (SK Menhan), Kapten Inf Teddy Indra Wijaya (ADC Menhan) , Moh. Rizki Imansyah (Spri Menhan), Agung Surahman (Spri Menhan), Rendi Wiku (Staf Menhan), Fernando Kaunang (Staf Menhan), Pasoal Kaunang (Staf Menhan), Wiliam Kaunang (Staf Menhan), Jopri (Aspri Menhan), Alfano Kalalo (Aspri Menhan), Gabriel Habel K (Aspri Menhan), Jimmi (Aspri Menhan), Kapten Cpm Subagiono (Walpri Menhan), Sertu Tri Hartono (Walpri Menhan), Sertu Odin R (Walpri Menhan), Denny Firman (Humas Kemhan), Pajar llahi (Humas Kemhan), Andi Muhamad lham (Humas Kemhan), PNS Budiono (Staf Biro Humas), Pelda lswahyudi (Staf Biro Humas), Sertu Soni Desian (Staf Karo TU dan Protokol), Lettu Laut (S) Paryono (Spri AK Menhan Bidang Matra Laut),Rifal Husain (ADC Ka LPPTN), Rio Endika, Merve Kawne, Arif Rochmawan, Wahyu, dan Sertu Adhe Kurniawan.

Para pejabat yang mendampingi,Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M (Kasal), Letjend TNI Mar Suhartono (Dankodiklatal), Letjen TNI Mar ( purn ) Trusono S.Mh, MM (Ketua Pengurus Yasbhum), Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto, M.A.P., M.Tr.(Han) (Pangkoarmada II), Laksda TNI Tunggul Suropati (Danseskoal), Laksda TNI Denih Hendrata (Gubernur AAL), Laksda TNI Edwin S.H, M.han (Danpusperbal), Laksda TNI Abdul Rasyid K, S.E. M.M (Asrena Kasal), Laksda TNI Puguh Santoso S.E., M.M (Aslog Kasal), Laksda TNI I.N.G Sudihartawan S.Pi., M.M (Askomplek Kasal), Brigjen TNI Yoyok Bagus Budianto, P.Sc., M.A., M.Sc. (Kapoksahli Pangdam V /Brawijaya), Brigjen TNI Mar Suherlan (Danpasmar 2), Laksma Yoos Suryono Hadi M.Tr Han, M,Tr Opsla .CHRMP (Danlantamal V Surabaya), Kolonel Pnb Moh Apon, S.T., M.P.A. (Danlanud Moeljono),H. Achmad Muhdlor Ali, S.I.P. (Bupati Sidoarjo), Kombes Pol Puji W (Dansat Brimob Polda Jatim), AKBP Deny Agung Andriana, S.I.K.,M.H (Waka Polresta Sidoarjo), Kolonel Inf Bangkit Fatmeiyarto S, S.I.P. (Kababinminvetcad Dam V/Brawijaya), Letkol Inf Masarum Djati Laksono (Dandim 0816/Sidoarjo).

Tepat jam pukul 15.24 Wib,Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M (KASAL) beserta rombongan tiba di perumahan khusus ahli waris KRI Nanggala, transit di rumah KRI -2, Jam pukul 15.56 Wib, Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto (Menhan RI) beserta rombongan tiba di perumahan khusus ahli waris KRI Nanggala disambut Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M (KASAL), Letjend TNI Mar Suhartono (Dankodiklatal), Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto, M.A.P., M.Tr.(Han) (Pangkoarmada II) dan H. Achmad Muhdlor Ali, S.I.P. (Bupati Sidoarjo) menggunakan kendaraan Alphard warna putih Nodis 1-00 selanjutnya menuju tenda undangan.

Pidato pembukaan sambutan Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto (Menhan RI), Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas limpahan rahmat dan karunia-nya kita masih diberikan kesehatan dan keselamatan sehingga hari ini, kita dapat hadir pada acara penyerahan rumah khusus kepada ahli waris KRI Nanggala-402 dalam keadaan sehat walafiat.

Di kesempatan yang baik ini saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pemerintah Jawa Timur, dan semua pihak yang telah bekerja keras dalam mewujudkan 53 unit rumah khusus untuk para ahli waris KRI nanggala-402.

Sebagaimana kita ketahui pada tanggal 25 April 2021 KRI Nanggala-402 telah dinyatakan tenggelam menjaga laut Nusantara Indonesia untuk selama-lamanya saat melaksanakan latihan di perairan Utara Bali. Hal tersebut merupakan duka yang sangat mendalam karena kita kehilangan putra putra terbaik bangsa dan negara.

Kita panjatkan doa untuk seluruh awak kapal mereka adalah putra-putra terbaik Ibu Pertiwi pahlawan-pahlawan bangsa yang turut berjasa dalam menjaga kedaulatan NKRI, namun kehidupan harus terus berjalan kita tidak boleh terus berada di dalam kedukaan, dan para ahli waris tidak boleh merasa sendirian dalam menghadapi kedukaan ini.

Saudara-saudara adalah keluarga besar bangsa Indonesia keluarga besar seluruh tentara Nasional Indonesia juga bagian dari kita semua dalam upaya membantu dan memberi perhatian kepada para ahli waris pemerintah atas perintah Presiden republik Indonesia membangun 53 unit rumah khusus yang diperuntukkan kepada para para ahli waris KRI nanggala-402 beserta sertifikatnya.

Saya berharap semua pihak yang telah bekerja keras dalam pembangunan rumah ini dapat memastikan sarana dan prasarana pendukung, juga siap digunakan dan rasa hormat, saya serahkan kunci dan sertifikat rumah khusus ini kepada para ahli waris KRI nanggala-402 , Semoga rumah khusus ini dapat bermanfaat dan memberi penghidupan yang lebih baik.

Saya berpesan agar dijaga serta dirawat sebaik-baiknya ini adalah upaya kita semua dalam mengenang dan menghormati jasa dan pengorbanan pahlawan bangsa yang telah gugur menjaga negara Semoga Tuhan Yang Maha besar selalu meridhoi kehidupan kita sekalian serta memberi bimbingan petunjuk dan kekuatan kepada kita semua dalam melanjutkan tugas dan pengabdiannya demi kejayaan negara dan bangsa, pungkas Menhan RI.

Tiba pukul 16. 10 Wib penyerahan Simbolis sertifikat dan kunci rumah kepada ahli waris oleh Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto (Menhan RI) di dampingi Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M (Kasal), dilanjutkan foto bersama dan pemberian beasiswa dari Kementerian Pertahanan bagi anak ahli waris.

Lanjut Pengecekan rumah Rusus KRI Nanggala oleh Letjen TNI (Purn) H. Prabowo Subianto (Menhan RI) di dampingi Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M (Kasal), jam pukul 16.25 WIB, Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto (Menhan RI) beserta rombongan meninggalkan Rusus KRI Nanggala Candi Sidoarjo menuju Bandara internasional Juanda dan selama giat berlangsung berjalan dengan lancar dan aman.

Dari pantauan tim awak media disampaikan, ibu Yusrie PUPR saat ditemui wartawan menyampaikan, Data Teknis di kompleks perumahan khusus KRI Nanggala Jalan Kalasan IV No. 32 Desa Sugihwaras Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo, luas kapling 2.057 Ha, Total bantuan Rusus 53 unit, yang terdiri dari :

a. 1 (satu) unit rumah tipe 90 dengan luas tanah 320 meter persegi bagi perwira tinggi.
b. 7 (tujuh) unit rumah tipe 72 dengan luas tanah 280 meter persegi untuk perwira menengah.
c. 10 (sepuluh) unit rumah tipe 54 dengan luas lahan 280 meter persegi untuk perwira pertama.
d. 35 (tiga puluh lima ) unit tipe 45 dengan luas tanah 240 meter persegi untuk prajurit bintara dan tamtama. Dengan Biaya 14.2 M masa pelaksanaan dari bulan Agustus 2021 s.d Januari 2022.

Segenap fasilitasnya terdiri dari :
a. Jalan lingkungan
b. Penerangan jalan umum
c. Gapura.
d. Ruang serba guna.

Pendapat tim wartawan menyampaikan, Bahwa giat Menhan RI beserta Rombongan di dampingi Kasal Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M, Bpk. Ridwan (PUPR/Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat) dalam rangka penyerahan Sertifikat dan kunci rumah kepada ahli waris perumahan khusus KRI Nanggala.

Sebagai bentuk perhatian sekaligus penghargaan pemerintah kepada para pahlawan Nanggala 402 yang telah gugur di medan tugas dengan harapan semoga perumahan ini bisa bermanfaat untuk hunian serta mendidik anak-anak menjadi generasi penerus bangsa yang membanggakan. Imam/sult

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top