Liputan Lintas Nasional

Gubernur Jatim : Pesantren Adalah Episentrum Peradaban Islam Dunia

PROBOLINGGO – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa saat Pengajian Umum memperingati Harlah ke 26 Ponpes Syekh Abdul Qodir Al-Jailani Kraksaan Kabupaten Probolinggo, Sabtu (26/3/2022) (sug)
Jatim Newsroom – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pesantren merupakan bagian dari pilar-pilar yang melahirkan ulama, sehingga dunia pesantren adalah episentrum dari peradaban Islam dunia.

Ini diungkapkan gubernur, saat menghadiri Pengajian Umum memperingati Harlah ke 26 Ponpes Syekh Abdul Qodir Al-Jailani Kraksaan Kabupaten Probolinggo, Sabtu (26/3/2022) malam.

Gubernur, menceritakan, Syekh Dr Yusuf al-Qaradawi, seorang cendekiawan muslim Mesir pernah menyampaikan nantinya referensi Islam dunia pusatnya ada di Indonesia.

“Jika melihat banyaknya pondok pesantren serta tempat pendidikan Islam di Jawa Timur maka Miqatnya referensi Islam dunia adalah Jawa Timur,” ungkapnya.

Karena itulah, menurut gubernur, sejak dua tahun lalu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur mempersiapkan Indonesian Islamic science Park.

Gubernur berharap, kitab-kitab karya ulama dulu, yang mungkin sekarang ada di pondok-pondok pesantren agar diizinkan pihak keluarga untuk di scan sehingga bisa di digitalkan.

“Untuk para kyai pengasuh pondok pesantren saya berharap, bisa mengkomunikasi dengan keluarga para ulama yang membuat kitab agar diizinkan untuk di digitalkan,” kata gubernur.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Timur juga menceritakan ketika dewan ulama Islam dunia berkunjung ke atau bertemu dengan Wakil Presiden Republik Indonesia, Kyai Haji Ma’ruf Amin. Dalam kesempatan tersebut, dewan Islam dunia mengatakan kedatangannya di Indonesia bukan untuk mengajar tapi untuk belajar.

Mereka mengatakan, jika sebelumnya banyak kitab-kitab berbahasa Arab yang diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, sekarang mereka berharap bahwa kitab-kitab berbahasa Indonesia bisa diterjemahkan ke Bahasa Arab. “Ini menunjukkan jika karya ulama-ulama Indonesia sangat luar biasa,” . Sulton

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top