Liputan Seputar Kriminal

Satreskrim Polres Mojokerto Bekuk Mafia Tanah

MOJOKERTO – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

persbhayangkara.id, Segenap jajaran Satreskrim Polres Mojokerto hari ini Kamis tanggal 24/3/22 giat konferensi pers penangkapan pelaku mafia tanah, tersangka berinisial EDS asal warga Kabupaten Jombang,umur 40 tahun, berhasil diringkus Satreskrim Polres Kabupaten Mojokerto.

Kapolres Mojokerto AKBP Apip Ginanjar SH memimpin langsung giat konferensi pers, dalam penyampaiannya menjelaskan, satu lagi pelaku tindak pidana kejahatan atau mafia tanah,kali ini tersangka kami ringkus karena telah memalsukan sebuah dokumen surat kepemilikan tanah atau sertifikat, sesuai dasar laporan kepolisian tanggal 22 Nopember 2021, perkara tindak pidana pelanggaran pasal 378 KUHP.

Kasat Reskrim Polres Kabupaten Mojokerto AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo membeberkan kronologis dan modus operandi yang tersangka lakukan, berdalih iming iming memiliki rumah mewah dan showroom mobil yang besar kepada dibitur,ia sengaja bergerak mencari debitur/ nasabah yang terlilit hutang piutang uang pinjaman jaminan sertifikat rumah yang di gadaikan ke bank.

Masih lanjut Andaru, lalu setelah itu sertifikat yang dalam tunggakan tersangka tebus dengan uang pribadinya, selang sesampai ia tebus sertifikat rumah tersebut milik debitur ,tersangka menggandakan AJB palsu,ia bekerja sama dengan pihak pihak terkait,dan setelah itu sertifikat milik debitur yang ia tolong,tersangka mengangunkan sertifikat rumah itu dengan syarat syarat AJB itu tadi ke Bank BRI hingga bisa mencairkan serta mendapatkan uang tunai sebesar Rp 750.000.000.

“Alhasil naas yang menimpa korban Hermiati,umur 39 tahun, perempuan,ibu rumah tangga,warga Dusun Lengkong Desa Kedung Lengkong Kecamatan Dlanggu Kabupaten Mojokerto,ia juga bercampur kaget,beberapa bulan kemudian rumah milik korban tiba tiba akan di sita oleh bank BRI dan PN Mojokerto dalam waktu singkat, selanjutnya si korban dengan berjalan tertatih tatih melaporkan kejadian tersebut yang menimpa dirinya ke Polres Mojokerto Kabupaten.

Kapolres Mojokerto AKBP Apip Ginanjar SH dengan didampingi Kasat Reskrim Polres Mojokerto AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo SH,kami dari Polres Mojokerto berkomitmen memberantas, tidak segan segan menindak keras pelaku tindak pidana kejahatan kasus mafia tanah,atas kejadian yang menimpa korban sejauh ini aset milik korban akan kita kembalikan seperti semula.

Dan dalam waktu yang bersamaan juga akan kita kembangkan kasus mafia tanah ini dengan penyelidikan terhadap pihak pihak terkait yang merasa terlibat,siapapun itu yang berperan dan terlibat dalam kasus mafia tanah pasti kita libas habis, pungkas Kasat Reskrim. Sulton

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top