Liputan Lintas Nasional

Pemkab Sidoarjo Dongkrak Perekonomian Sektor Hortikultura Lewat Budidaya Jeruk Siam Madu

SIDOARJO – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Sejumlah lahan pertanian di Sidoarjo yang kosong,seperti tanah TKD desa kosong,untuk itu memaksimalkan hasil dari sektor pertanian Wabup Sidoarjo H.Subandi berupaya mendongkrak perekonomian dari sektor hortikultura, diantaranya mengawali penanaman bibit jeruk Siem madu di desa pabean Sidoarjo yang diperoleh dari bantuan kementrian pertanian lewat Nur Hendriyatiningsih Anggota Komisi C DPRD Sidoarjo.

“Tanaman bibit jeruk Siem Madu ini dimulai penanaman hingga pascapanen, disinilah menjadi sasarannya. Subandi mengatakan berharap produktivitas pertanian di Sidoarjo mengalami peningkatan.

Untuk itu Wabup Sidoarjo menginginkan memastikan seluruh elemen pertanian berjalan secara optimal, dan bisa menambah pendapatan dari warga setempat” ungkap Wakil Bupati Subandi kepada awak media persbhayangkara, hari Sabtu tanggal (12/2/2022).

Salah satu sektor yang mendapat perhatian Subandi adalah pembibitan. Untuk itu, Bupati terjun langsung dengan penanaman bibit sebanyak 500 pohon jeruk Siem madu diarea tanah kas Desa TKD Pabean seluas 2 hektar ini.

Sementara itu Kepala Desa Pabean dr.Hj.Sriatun mengatakan “Pembibitan ini menjadi salah satu bagian penting yang akan kami garap. Karena, tanpa bibit yang baik akan sulit untuk menghasilkan tanaman dengan hasil panen yang baik,” ujarnya.

“Dengan bantuan tersebut, kami harap produk buah lokal yang berkualitas semakin mudah didapatkan terutama di desa pabean. Kami berharap pula pasarnya bisa lebih berkembang karena hasil panennya nanti juga bisa difasilitasi oleh dinas pertanian kabupaten Sidoarjo untuk dibantu pemasarannya baik online maupun offline,” pungkasnya.

Abah Subandi saat ditemui wartawan menyampaikan, program holtikultura semacam ini sangat penting dan bagus, sesuai instruksi pemerintah pusat Presiden RI Holtikultura dan UMKM harus berjalan lancar, hari ini pagi ini Sabtu saya resmikan juga mengawali penanaman bibit unggul jeruk Siem Madu yang nantinya sangat membantu peran para petani, ini berkat kerjasama bantuan dari anggota Komisi C DPRD Kabupaten Sidoarjo dari Partai Nasdem juga Balitjes,giat penaduran bibit jeruk Siem Madu berjalan lancar.

Semoga penanaman bibit unggul jeruk Siem Madu ini lekas memberi hasil panen yang cepat dan memuaskan,tuturnya. Sulton

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top