Liputan Berita Politik,Hukum dan Keamanan

Polsek dan Koramil Haruku Kawal Kasus Sengketa Lahan Dua Desa

MALTENG – PERSBHAYANGKARA.ID

Kasus tragedi sengketa lahan selalu bisa terjadi di mana saja,pada hari Rabu tanggal 25/1/2022 sekitar pukul 15.00 Wit, telah terjadi adu mulut oleh beberapa warga Desa Kariu dengan Korban Abdul Karim Tuanakotta warga Dusun Ori Kecamatan P Haruku Kabupaten Malteng, sengketa lahan tersebut mengakibatkan terjadinya amuk massa oleh kedua Desa di perbatasan Desa Kariu dan Dusun Ori akibat salah paham terkait dengan batas tanah di Jembatan O’oruku Dusun O’Oruku.

“Nama Biodata warga Dusun Ori yang hadir, Abd Karim T, Umur 45 Tahun, Islam, Alamat Dusun Ori Kecamatan P. Haruku,

Dan data warga Desa Kariu yang hadir, Bernadus L, Umur 64 Tahun, Agama Kristen Protestan, Tani, warga alamat Desa Kariu Kecamatan P. Haruku Kabupaten Malteng.

Asal mula kronologis kejadiannya,
Menurut keterangan dari Ibu Nurjanah Nurlete bahwa Korban bapak Abdul Karim Tuanakotta mendapat amanat dari Camat P. Haruku, kemudian datang memberitahukan bahwa tanah/lahan berlokasi dibawah sekolah Alhairiyah (Ori) yang dijadikan kebun oleh warga Kariu itu bukan milik orang Kariu.

Setiba jam pukul 14.30 Wit, terjadi adu mulut terkait lahan tersebut dengan beberapa warga, Bernadus L, umur 64 Tahun, Kristen, kemudian dijawab bahwa ” Ale Punya Dasar Apa, Kalau Ale Seng rasa Puas lapor Beta Ke Pengadilan,”ucap warga lain yang menduduki.

Setelah terjadi kosentrasi massa antara kedua Desa Kariu dan Dusun Ori, akan tetapi Apkam langsung turun ke TKP Babinsa, Bhabinkantinmas, Anggota Satgas Pos Ramil, dan anggota Polsek P. Haruku dan langsung merelai kedua Desa,dan kini akhirnya permasalahan tersebut sudah ditangani oleh Polsek P. Haruku, Koramil 1504-07/Haruku dan Satgas Pos Ramil P. Haruku, situasi di TKP aman terkendali.

Dari pantauan tim media persbhayangkara dilaporkan,Pemicu permasalahan tersebut akibat dari sengketa lahan yang sudah lama belum terselesaikan antara di Desa Kariu dengan Dusun Ori Kec. P. Haruku Kabupaten Malteng,hingga terjadi pembantaian atas nama junedy leatomu di Dusun Ori.

Dan dalam perjalanan dari waimital ke kariu, Korban dibantai dengan parang,Informasi Kondisi Kamtibnas di Wilaya Pulau Haruku, Kecamatan Pulau Haruku,Desa Pelauw,Telah Terjadi Penyerangan Terhadap Desa Kariu, yang di lakukan dari malam hingga Pagi ini oleh Masyarakat Desa Pelauw maupun Ory (Pelauw Kecil ), dan informasi terakhir yang berhasil di himpun “Negeri Kariu”, Sudah Terbakar Habis…!!. Hamdi Fahmi Sab/Alvyyan

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top