Liputan Lintas Nasional

Karya Miniatur Transportasi dari Limbah Kayu

BOJONEGORO – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Ditangan Yudianto, limbah bisa menghasilkan karya memukau. Potongan-potongan kayu dirangkai menjadi miniatur bus dan truk yang mirip dengan aslinya. Peminatnya pun dari berbagai kalangan.

Ruang produksinya tak terlalu luas. Segala macam peralatan untuk membuat miniatur bus dan truk memenuhi ruangan. Seluruh proses produksi dikerjakan secara manual dengan alat seadanya. Yudi bahkan memanfaatkan setiap limbah potongan.

Mulai dari kursi, lampu, pintu, kemudi supir hingga jendela begitu persis dengan aslinya. Yudi bahkan kesulitan mendapatkan karyawan karena proses pengerjaan yang rumit. Namun kini dia dibantu satu orang tetangga. “Pembuatannya rumit dan presisi. Harus detail dan ukurannya perbandingannya harus pas. Perlu kecermatan dan ketelitian, jadi nggak banyak yang bisa mengerjakan. Alhamdulillah sekarang dibantu tetangga,” jelasnya.

Berlokasi di kediamannya di Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro, Yudi mengatakan, peminat dari berbagai kota. Hingga kini penjualan mengandalkan online. Sementara untuk omzet, sebelum pandemi Yudi mengaku dalam sebulan antara Rp7 hingga Rp8 juta. “Namun, sejak pandemi sekitar Rp5 jutaan perbulan,” tuturnya.

Miniatur mulai dari harga Rp125 ribu hingga Rp1,5 juta tergantung kerumitan dalam pengerjaan. Yudi berharap mendapat perhatian dari pemerintah berupa alat sebagai penunjang proses produksi. (zul)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top