Liputan Seputar TNI

Latih Profesionalisme Prajurit, Pangkalan TNI AL Aru Laksanakan Latihan SAR di Laut

KEPULAUAN ARU – persbhayangkara.id MALUKU

Guna mengasah kemampuan dan meningkatkan profesionalisme sebagai Prajurit Matra Laut, Pangkalan TNI AL Aru melaksanakan Latihan SAR (Search and Rescue) di Perairan Kolam Syahbandar Dobo, Desa Durjela, Kecamatan Pulau-pulau Aru, Kab. Kepulauan Aru, Maluku, Selasa (28/12/2021).

Latihan ini merupakan latihan rutin yang menjadi program Pangkalan TNI AL Aru. Sebelum pelaksanakan Latihan, telah dilaksanakan pembukaan Latihan SAR oleh Komandan Lanal Aru, Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, S.H., M.Tr (Hanla)., M.M. bertempat di Mako Lanal Aru Batu Meja.

Setelah dilaksanakan pembukaan dilanjutkan dengan pembekalan dan teori oleh Perwira Operasi Lanal Aru sekaligus dilaksanakan praktek pencarian orang jatuh di laut di kolam Syahbandar Dobo.

Dalam praktek latihan SAR kali ini disimulasikan adanya kecelakaan Laut salah satu ABK Kapal KM. Ridwan Jaya Abadi (baca – nama bukan sebenarnya) yang sedang melaksanakan leggo jangkar di Kolam Syahbandar Dobo, selanjutnya Tim SAR TNI AL Aru dengan sigab melakukan tindakan pencarian, pertolongan dan keselamatan korban.

Dalam Latihan yang di gelar kali ini Pangkalan TNI AL Aru mengerahkan tiga unsur meliputi Kal Pulau Trangan III-9-06, satu unit RHIB, dan satu unit Searider.

Simulasi ini mengajarkan tehnik penyelamatan jiwa korban berstandar SOP dengan tindakan penanggulangan, penyelamatan dan evakuasi korban dengan tiga kondisi korban, yakni korban ringan, berat dan meninggal dunia.

Komandan Pangkalan TNI AL Aru, disela kegiatan mengatakan latihan rutin tahunan SAR tersebut bertujuan untuk meningkatkan kecakapan, keterampilan dan kemampuan kesiapsiagaan tiap-tiap Prajurit khusus nya dibidang Operasi Laut dan SAR.

Danlanal Aru juga menjelaskan upaya latihan SAR ini merupakan perintah pimpinan TNI AL yang selalu dilakukan jajaran TNI AL agar dapat memanfaatkan dan melibatkan segala potensi yang dimiliki, baik personel maupun alutsista untuk kegiatan kemanusiaan seperti penanggulangan bencana dan SAR. (Ambo Illang)

Sumber : Pen Aru

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top