Liputan Seputar Dunia Pendidikan

Dosen Ilmu Ekonomi Unesa Bantu Warga Bentuk Koperasi Syariah di Sumenep

SUMENEP – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Kabupaten Sumenep yang masih memiliki lahan pertanian yang cukup luas serta mayoritas penduduk desa memiliki pekerjaan sebagai petani dan peternak menjadi potensi untuk didirikannya koperasi pertanian dan peternakan.

Permasalahan yang terjadi adalah kesulitan akses permodalan bagi petani dan peternak menjadi salah satu hambatan berkembangnya potensi tersebut.

Dosen Jurusan Ilmu Ekonomi (IE) Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya (FEB Unesa) yang diketuai oleh Ach. Yasin berinisiatif melakukan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan melaksanakan pendampingan administratif pembentukan koperasi yang bertujuan untuk mempermudah akses permudalan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kabupaten Sumenep.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama kurang lebih 2 bulan dari bulan Oktober sampai dengan 30 November 2021. Lamanya pendampingan dikarenakan pembentukan koperasi ini dimulai dari nol hingga koperasi tersebut berdiri dan siap beroperasi,” ujar Yasin pada keterangan tertulisnya. Selasa, (21/12/2021).

Ditambahkan Yasin, “Keberhasilan kegiatan PKM FEB Unesa ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat kabupaten Sumenep, khususnya bagi para petani pemuda dan peternak sapi untuk memudahkan akses modal serta pendampingan bagi usaha peternakan mereka,” ucapnya. (ari)

Foto : Tim PKM dosen Ilmu Ekonomi Unesa melakukan pendampingan administratif dalam pembentukan koperasi syariah di Sumenep

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top