Liputan Lintas Nasional

Gubernur Khofifah: Peringatan Hakordia 2021 di Pesantren Bumi Sholawat Berikan Penguatan Iman dan Moral

SIDOARJO – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menilai penyelenggaraan peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) 2021 Provinsi Jawa Timur di Pesantren memberikan penguatan iman pada seluruh kepala daerah, instansi, dan lembaga untuk membangun sinergitas agar tidak tergoda oleh korupsi.


“Hakordia kali ini kita bisa melaksanakannya tempat yang sangat strategis. Harapanya tentu adalah dari tempat  yang sangat strategis ini akan memberikan penguatan pada kita semua, pertama kalau ada kesempatan atau mungkin ada yang tergoda,” ujarnya, saat memberikan sambutan pada peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakardia) 2021 Pemerintah Provinsi Jawa Timur, di Pesantren Bumi Sholawat, Lebo, Kabupaten Sidoarjo, Senin(13/12/2021).

Peringatan Hakordia 2021 dihadiri Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri secara virtual, Wakil Ketua DPRD Jatim, Sahat Tua Simanjuntak, Wakil Kapolda Jatim, perwakilan Kodam V Brawijaya, Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali dan Forkopimda Kabupaten Sidorjo serta beberapa Kepala Organisasi Daerah (OPD) Provinsi Jawa Timur.

Gubernur Khofifah mengatakan, pesan para ulama bahwa penyimpangan moral sangat fluktuatif dan bersifat dinamis serta akan sangat terkait pada ekosistem internal dan eksternal oleh karena itu rambu-rambu regulasi, rambu penegakan hukum semuanya berlapis-lapis telah dilakukan.

“Harus tetap bisa dibangun dengan kekuatan moral yang lurus yang benar yang tegak dan terbimbing, maka pengajian-pengajian di pesantern ini menjadi sangat penting, karena ulama-ulama  Ahlusunnah Wal Jamaah memberikan referensi bahwa iman itu bisa bertambah dan berkurang,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPK, Ketua KPK Firli Bahuri memberikan apresiasi pada Provinsi Jawa Timur yang menyelenggarakan peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2021 di lingkungan pesantren. Menurutnya, Jawa Timur memiliki semangat yang sama dengan KPK dan juga semua lembaga mempunyai tekad menjadikan korupsi musuh bersama.

“Kita semua mempunyai kepentingan, kepentingan kita semua di dasari semangat kebangsaan sesama anak bangsa yang mempunyai tangung jawab kejujuran,”ujarnya.

Hakordia 2021 bertajuk Satu Padu Bangun Budaya Antikorupsi itu bertujuan untuk mengkampanyekankesadaran tentang budaya antikorupsi dan mengajak masyarakat untuk bisa mengambil peran dalam pemberantasan korupsi. (mad/sulton)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top