Kronik polri

Kapolres Malang Dampingi Kapolda Jatim dan Komisi III DPR RI Tinjau Pengungsi Erupsi Semeru

MALANG – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Kapolres Malang AKBP Bagoes Wibisono mendampingi kunjungan kerja Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta dan Anggota Komisi III DPR RI, meninjau pengungsi erupsi Gunung Semeru di Lumajang. Kamis (9/12/2021) siang.

Dalam kegiatan yang juga diikuti oleh Kapolres Malang Raya tersebut, dilakukan Penyerahan bansos dari Komisi III DPR RI kepada para pengungsi.

Diketahui bahwa agenda kunjungan kerja (kunker) Komisi III DPR RI ke Kabupaten Lumajang ini, juga untuk mengawasi proses penanganan korban erupsi Gunung Semeru.

Kelima anggota DPR RI tersebut diantaranya yaitu Bambang D.H., Arteria Dahlan, I Wayan Sudirta, Johan Budi dan Bimantoro Wiyono.

Rombongan sebelumnya meninjau lokasi bencana, singgah di Mapolresta Malang Kota terlebih dahulu.

Mewakili Komisi III DPR RI Bambang D.H. mengatakan, ada dua hal yang disasar dalam agenda kunker ini.

“Pertama, kami ingin melihat sejauh mana peran rekan-rekan Polda Jatim turut aktif terlibat membantu dan menangani bencana ini. Mengingat salah satu mitra kerja Komisi III DPR RI ini adalah Polri. Sedangkan yang kedua terkait penanganan Covid-19 di lokasi bencana maupun di tempat pengungsian,” terangnya.

Lebih lanjut, Bambang D.H. menyampaikan langsung ke Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, agar turut memperhatikan penanganan tersebut.

Hal ini dinilainya menjadi hal yang rawan mengingat kondisi psikologi dan kondisi fisik yang drop, dan rawan terserang penyakit termasuk Covid-19.

Salah satu anggota Komisi III DPR RI Johan Budi menambahkan, pihaknya juga sudah menyiapkan berbagai bantuan. Yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan para korban.

“Kami juga memberikan bantuan bersamaan dengan agenda kami ke lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru, untuk melihat penanganan dan juga memberikan bantuan secara simbolis,” ujarnya.

Sementara itu, Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo dalam upaya penanganan bencana erupsi Gunung Semeru, telah dibentuk dan ditangani oleh satgas yang telah disiapkan.

Dan satgas ini khusus untuk membantu penanganan dan penanggulangan dampak erupsi Gunung Semeru bersama dengan Polres jajaran.

“Alhamdulillah, di pengungsian untuk kesehatan dan kebutuhan sembako telah ditangani dengan baik,” tambahnya.

Polda Jatim juga telah menurunkan tim Trauma Healing bersama dengan petugas Polres jajaran ke lokasi bencana erupsi Gunung Semeru.

Ini adalah upaya untuk mengembalikan kondisi psikologi korban terdampak, mulai dari usia anak-anak hingga dewasa.

“Tim Trauma Healing ini kami kirim untuk mengembalikan psikologis korban. Kami juga membantu untuk kebutuhan kesehatan, sehingga baik dari Pemerintah maupun TNI-Polri, bersinergi memberikan fasilitas kesehatan dan pengobatan bagi para korban serta juga para relawan,” pungkasnya. Sulton

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top