Kronik polri

Tim Konselor SDM Polres Malang Lakukan Pendampingan Psikososial Korban Bencana Erupsi Gunung Semeru

MALANG – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Kapolres Malang AKBP Bagoes Wibisono melalui Tim Konselor SDM Polres Malang AKP Achmad Sueb lakukan pendampingan Psikososial kepada Korban erupsi Gunung Semeru di Desa Supiturang dan Desa Sumberwuluh, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Senin (06/12/2021).

“Sebelumnya kami telah lakukan peninjauan langsung ke lokasi tersebut, guna mengetahui dampak yang terjadi kepada masyarakat akibat terjadinya Bencana Alam ini dari segi Trauma Healing, sebagai tim Konseling / Konselor dalam hal ini kami menggunakan metode 3L diantaranya Look, Listen dan Learn,” ujar Sueb.

Tim Konselor SDM Polres Malang sebelumnya telah membagi tugas dilapangan serta dalam pelaksanaan kegiatannya, seperti peninjauan fasilitas pengungsian warga terdampak terjadinya bencana letusan Gunung Semeru tersebut.

“Kami melakukan pendekatan utamanya kepada anak-anak guna membantu menghilangkan trauma yang di alami akibat dampak terjadinya Bencana Alam ini, dengan cara pendekatan interaksi bersama serta meningkatkan dan menumbuhkan kembali rasa ceria kepada anak-anak akibat Benca Alam yang terjadi,” jelas Sueb.

Achmad Sueb menambahkan, salah satunya seperti bermain bersama dengan anak-anak Korban Bencana Alam guna menciptakan rasa bahagia dan menghilangkan rasa trauma akan terjadinya Bencana Alam erupsi Gunung Semeru.

“Warga masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru juga telah mendapatkan bantuan dukungan Psikososial, Psikoedukasi serta beberapa kebutuhan dasar yang diperlukan selama di pengungsian seperti sembako, vitamin, makanan ringan dan susu dan juga berinteraksi dengan masyarakat serta melakukan Konseling guna membantu meringankan beban Psikologis untuk mengurangi trauma yang di alami oleh masyarakat akibat dampak terjadinya erupsi Gunung Semeru ini,” pungkasnya. (zd-humasresmalang)..

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top