Seputar TNI & POLRI

Tingkatkan Kerukunan Umat Beragama, Forkompimda Bersama Kemenag dan FKUB Karawang Gelar Rakor

KARAWANG – persbhayangkara.id JAWA BARAT

Bertempat di Kantor Kemenag Kab. Karawang berlangsung tatap muka bersama Bupati,Forkopimda, Kemenag, dan FKUB Kab. Karawang terkait silaturahim untuk memupuk kerukunan antar umat beragama. Rabu (17/11/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Karawang dr. Hj. Cellica Nurrachadiana, Dandim 0604 Karawang Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo, Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono, Kepala Kemenag Karawang H. Dadang Ramdani, Kepala FKUB Kab. Karawang KH. Tadjudin Noor, Pasi Intel Kodim 0604 Karawang Kapten Sukarya, Kasi Bimas Kemenag H. Yakub Lubis Al Pauji, PGIS Karawang Pdt. Agus Paulus, Penyuluh Kristen Karawang Sdr. Satria Jati Kusuma dan Perwakilan Masyarakat Desa. Amansari Kec. Rengasdengklok.

Bupati Karawang Dalam sambutannya mengatakan, terkait kerukunan beragama di wilayah Karawang sudah sangat bagus dengan toleransi yang kuat menjadikan Kab. Karawang kondusif terutama dalam merayakan hari besar masing masing kepercayaan, hal tersebut merupakan sikap saling menghargai antar pemeluk agama walaupun berbeda, dimana masyarakat sudah bisa menjaga kondusifitas khususnya di wilayah Kab. Karawang dan saya sangat bersyukur walaupun banyak suku, agama yang berbeda beda tapi semuanya berbaur menjadi satu, dan menjadi karawang yang maju, ujar bupati.

Lanjut Bupati, “Toleransi menjadi salah satu indikator penting dalam penguatan moderasi beragama. kita perlu terus menumbuhkan rasa toleransi terhadap keragaman keyakinan, agama, budaya dan etnis, yang merupakan kekayaan bagi seluruh umat manusia, Kami berharap kepada para tokoh Agama, tokoh Masyarakat supaya bisa menjaga kerukunan antar umat beragama khususnya di wilayah Kab. Karawang. ujarnya.”

Hal yang sama disampaikan juga oleh Dandim 0604 Karawang Letkol Inf Medi Hariyo Wibowo bahwa toleransi beragama sangatlah penting agar tidak timbul permasalahan yang dapat memecah belah kebersamaan yang sudah terjalin, bilamana ada permasalahan dalam pelaksanaannya hendak nya duduk bersama dan mencari solusi sehingga tidak berkepanjangan.

“Kita semua harus bertoleransi karena di Negara Indonesia itu terdiri dari beragam Suku, Ras dan Agama”, ucapnya.

Sementara Kapolres Karawang AKBP Aldi Subartono menyampaikan bahwa, banyaknya pendatang masuk ke wilayah karawang kian menambah keragaman masyarakat yang tinggal di Kab.Karawang, tidak terkecuali keragaman dalam beragama, apalagi setiap tahun Karawang menggelar giat keagamaan salah satunya perayaan tahun baru Imlek dan pawai barongsai dimana pesertanya dari luar daerah, selama ini berjalan dengan baik, hal tersebut merupakan bentuk kerukunan dengan pemeluk agama lain, mari kita tetap jaga toleransi, dan sikap saling menghargai antar umat beragama demi Karawang yang damai, jelas Kapolres.

Sedangkan Pdt. Agus Paulus PGIS Karawang menuturkan sangat mengapresiasi terkait toleransi beragama diKab Karawang, jika ada perayaan agama tertentu sejauh ini berjalan baik, jikalau ada kesalah pahaman dapat langsung teratasi secara cepat. Ujarnya.

Selain itu, Perwakilan dari Masyarakat Karawang juga mengatakan, selama ini masyarakat sangat bertoleransi dalam menjaga kerukunan umat beragama, dan berharap akan terus seperti ini, tuturnya.(Hms/Christanta)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top