Liputan Seputar TNI

MT New Global Tabrak KM Maju IX di Laut Aru, Tim Lanal Aru Berhasil Evakuasi 28 ABK

KEPULAUAN ARU – persbhayangkara.id MALUKU

Kapal tanker MT New Global yang membawa muatan CPO dari Merauke tujuan Gresik telah menabrak KM Maju IX yang sedang menangkap ikan di Perairan Selatan Kepulauan Aru, sekitar 16 mil laut selatan Pulau Batu Goyang atau tepatnya pada posisi 07.13.201 LS – 134.10.960 BT Jumat (29/10/2021)

Mendapat informasi laporan kejadian, Komandan Lanal Aru Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, S.H., M.Tr (Hanla)., M.M. segera melaporkan kepada Komando Atas, berkoordinasi dengan SAR Unit Kep. Aru dan menyiapkan Kal. P. Trangan untuk persiapan aksi SAR.

Sekitar pukul 16.00 Kal P. Trangan dibawah jajaran Lanal Aru Koarmada III, tolak dari dermaga Dobo, dengan jarak 90 mil laut dan cuaca buruk Kal P. Trangan dengan Komandan Lettu Laut (P) Dwi Edy Wibawa terobos menuju lokasi kejadian.

Jumlah ABK KM Maju IX yang telah ditabrak MT New Global adalah 32 orang, akibat ditabraknya KM Maju IX miring dan akhirnya tenggelam. 28 ABK KM Maju IX dapat diselamatkan oleh MT New Global sedangkan empat orang lainnya hilang belum ditemukan.

Pencarian ABK KM Maju IX yang hilang dilaksanakan oleh Kal P. Trangan telah berlangsung 3 hari dengan unsur KRI Tarakan-905. Aksi dan upaya terus dilakukan untuk menemukan ABK yang hilang.

Pada hari ketiga MT New Global tiba di muara Pelabuhan Dobo dengan membawa 28 ABK yang selamat selanjutnya Tim Sea Rider Lanal Aru melaksanakan evakuasi terhadap 28 ABK KM Maju IX tersebut menuju Pelabuhan Dobo dalam keadaan selamat, Minggu (31/10/2021).

Komandan Lanal Aru terus berkoordinasi dan melaporkan perkembangan situasi kepada Komando Atas serta memerintahkan Komandan Posal Batu Goyang jajaran Lanal Aru untuk memantau perkembangan dan situasi.

Pen Lanal Aru

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top