Kronik polri

Jelang HUT TNI, Jajaran TNI Kepulauan Aru Gelar Apel Bersama

KEPULAUAN ARU – persbhayangkara.id MALUKU

Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 76 tahun 2021 pada tanggal 4 Oktober Pangkalan TNI AL Aru bersama jajaran TNI wilayah Kepulauan Aru melaksanakan gelar Apel Bersama di Lapangan Arafuru Mako Lanal Aru Batumeja.

Rangkaian dalam rangka menyambut HUT TNI meliputi gelar Apel Bersama, upacara Virtuil yang akan diselenggarakan bersama jajaran Forkopimda Kepulauan Aru di Kantor Pemda Kepulauan Aru pada esok Hari 5 Oktober 2021 serta Bakti Sosial TNI Bersih-bersih Pantai oleh seluruh jajaran TNI Kepulauan Aru dengan Ibu Ibu istri TNI.

Pada Apel bersama hari ini, Komandan Lanal Aru Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, S.H., M.Tr(Hanla)., M.M, mengatakan tujuan apel bersama ini adalah guna meningkatkan soliditas serta menjaga sinergitas jajaran TNI bersama Pemerintah Daerah Kepulauan Aru dalam membantu dan mendukung tugas tugas TNI di daerah.

Komandan Lanal Aru, Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, S.H., M.Tr(Hanla)., M.M, menambahkan dalam amanatnya bahwa tugas pokok TNI sesuai Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancadila dan UUD 1945 serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Tugas pokok tersebut dilaksanakan melalui OMP dan OMSP. OMP Merupakan pengerahan dan penggunaan kekuatan TNI untuk melawan ancaman berupa kekuatan militer negara lain yang melakukan agresi dan atau dalam konflik bersenjata dengan negara lain. Selanjutnya OMSP Adalah pengerahan dan penggunaan kekuatan TNI untuk melawan atau menghadapi ancaman selain kekukatan militer suatu negara baik ancaman bersenjata maupun tidak bersenjata.

Penyelangaraan tugas OMSP ini memiliki 14 (Empat belas) Tugas dimana salah satunya adalah membantu tugas pemerintah di daerah. Penjabaran dalam tugas membantu tugas pemerintah di daerah sesuai tertuang dalam Permenhan Nomor 35 Tahun 2011 tentang tugas Bantuan TNI kepada Pemerintah di daerah. Tugas tugas tersebut di antara nya adalah

  1. Tugas bantuan TNI dalam mengatasi bencana Alam.
  2. Tugas bantuan TNI dalam merehabilitasi infrastruktur.
  3. Tugas bantuan TNI dalam mengatasi masalah akibat pemogokan.
  4. Tugas bantuan TNI dalam mengatasi akibat konflik komunal.
  5. Tugas tugas lain yang di anggap perlu mendapatkan bantuan TNI kepada permrintah di daerah seperti tugas bantuan TNI dalam mempercepat pembangunan di daerah, meningkatkan pendidikan di daerah meningkatkan taraf kesehatan di masyarakat di daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah.

Sesuai dengan tugas OMSP tersebut di atas khususnya pada masa pandemik COVID 19 adalah bagian dari tugas membantu tugas pemerintah di daerah yaitu percepatan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional serta membantu kepolisian negara republik indonesia dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat yang di atur dalam undang- undang.

Tidak lupa tugas TNI dalam masa pandemik ini adalah membantu pemerintah dalam percepatan penanganan COVID-19 yaitu melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat.

Dalam waktu dekat kita memiliki tugas membantu kepolisian dalam pengamananan pemilihan kepala desa di seluruh wilayah desa di kepulauan Aru.

Mari kita tidak lelah dan tidak henti-hentinya melaksanakan tugas-tugas tersebut dengan semangat dan ketulusan. Mari kita jaga kekompakan solidaritas dan sinergitas jajaran TNI di wilayah kepulauan Aru. Mari kita pegang teguh sapta marga, Sumpah prajurit, dan 8 wajib TNI sebagai pedoman dan pegangan dalam mengemban tugas khusus nya di wilayah Aru. Tegas dan pinta Komandan Lanal Aru dalam sambutannya.

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun TNI Ke 76 Saya mengajak seluruh personel TNI Wilayah kepulauan Aru untuk tetap meningkatkan profesionalisme, bersatu pada menjaga soliditas dan menjalin sinergitas baik sinergitas dalam jajaran TNI-POLRI maupun bersama instansi pemerintah dalam rangka mencapai kemenangan, mencapai indonesia sehat dan ekonomi yang pulih sesuai dengan tema HUT TNI saat ini yaitu Bersatu, Berjuang dan kita pasti Menang. Ungkap Komandan Lanal Aru, Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, S.H., M.Tr(Hanla)., M.M.

Ambo illang/Nus Yerusa

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top