Liputan Seputar TNI

HUT ke – 76 TNI, Ini Ungkapan Dandim Termuda di Sumatera Selatan

MUSI BANYUASIN – persbhayangkara.id SUMATERA SELATAN

Menapaki Usia Ke – 76 Tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI), bukanlah usia yang muda lagi untuk sosok Institusi. TNI adalah salah satu alat pengamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dikenal dan disegani diberbagai Sektor.

Dalam mengemban Tugas sebagai Institusi, TNI dibekali dengan Sumpah Prajurit yang berisikan Demi Allah saya bersumpah dan berjanji, Bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Bahwa saya akan tunduk kepada hukum dan memegang teguh disiplin keprajuritan. Bahwa saya akan taat kepada atasan dengan tidak membantah perintah atau putusan. Bahwa saya akan menjalankan segala kewajiban dengan penuh rasa tanggung jawab kepada Tentara dan Negara Republik Indonesia. Bahwa saya akan memegang segala rahasia Tentara sekeras-kerasnya.

Selain itu, TNI adalah salah satu Institusi yang berhak mengambil kebijakan dalam pengamanan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Maka, tak hanya itu TNI dibekali dengan Hati dan Perasaan sehingga akrab dan disegani oleh “Ibu Pertiwi”.

TNI dibagi menjadi 3 Matra yaitu TNI Angkatan Dara, Laut, dan Udara. Diantara 3 Matra TNI tersebut, beberapa Pasukan Elite lahir dan disegani oleh Negara-negara tetangga, berkat ketangkasan, kecerdikan, dan peran aktif dalam pengamanan Negara.

Beberapa Pasukan Elite yang sampai saat ini menduduki tingkat teratas pasukan Elite dunia diantaranya, Kopassus, Kopaska, Denjaka, Paskhas, Tontaipur, dan Yontaifib.

Memaknai Usia Ke – 76 Tahun, Letkol Arh Faris Kurniawan SST MT selaku Dandim 0401/Muba yang juga lulusan Akademi Militer Tahun 2001 ini menerangkan, Semoga dengan peringatan HUT TNI ke – 76 ini TNI mampu menggelorakan semangat “Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang khususnya dalam menghadapi Pandemi COVID-19 yang masih berada di sekitar kita.

” Hal tersebut merupakan pengabdian TNI sesuai dengan tugas pokok TNI yaitu Operasi Militer untuk Perang dan Operasi Militer Selain Perang. Sehingga Bangsa Indonesia mampu mewujudkan Indonesia tangguh dan Indonesia tumbuh,” ujar Suami dari Ny Inggrid Kurniawan ini, Minggu (3/10/2021).

Lanjut Pria yang pernah menjabat sebagai Danyon Arhanud 12/Satria Bhuana Prakasa ini, Semoga Kodim 0401/Muba mampu mengemban amanah yang diberikan Bangsa, Negara dan Masyarakat Indonesia dalam pengabdian terbaik untuk NKRI pada umumnya dan di wilayah Musi Banyuasin pada khususnya,” tukasnya.(Alamsyah/ril)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top