Liputan Seputar TNI

Satgas Pengamanan Pulau Terluar Tiba di Dermaga Yos Sudarso Dobo

KEPULAUAN ARU – persbhayangkara.id MALUKU

Sebanyak 20 Anggota TNI AD dari kesatuan Yonif 731/Kabares yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Pulau Terluar (Satgas Pamputer) yang akan bertugas di Pos Pulau Penambulay, Kecamatan Aru Tengah dan Pos Pulau Batugoyang Kecamatan Aru Selatan Timur, Periode Kabupaten Kepulauan Aru tiba di Dermaga Yos Sudarso Dobo menggunakan KRI Teluk Hading 358, Kamis (30/9/2021).

Para personil TNI yang akan mengamankan dua pulau terluar di wilayah penghasil ikan terbesar itu selama kurun waktu dua tahun di Aru mendapat pendampingan dari Pasi Intel satgas Pamputer Lettu Inf. Usrin Sanduan selaku komandan Satgas.

Pantauan media ini, kehadiran mereka disambut baik oleh Komandan Pangkalan TNI AL Aru, Letkol Laut (P) Choirur Roziqin, S.H., M.Tr (Hanla).M.M yang didampingi oleh
KKM Kal Pulau Trangan III-09-06 Lettu Laut (T) Silaban dan Tim merflu Lanal Aru.

Danlanal Aru, Letkol Laut (P) Choirur Roziqin pada kesempatan itu menyampaikan selamat datang kepada satgas pamputer di wilayah Kepulauan Aru.

” Perlu kita ketahui bersama bahwa pengamanan pulau-pulau di Indonesia yang berada di perbatasan Indonesia adalah tugas negara. Tunjukan bahwa prajurit yang bisa di andalkan untuk tugas negara dengan penuh semangat disiplin yang tinggi. Harus belajar adat istiadat di sini, berikan contoh yang baik dimana pun berada serta hindari pelanggaran sekecil apapun, ” pesan Danlanal Aru.

Sementara Dandim 1503/ Tual Letkol Inf. Mario C. Noya dalam arahan singkat menyampaikan bahwa, mengingat kondisi cuaca yang belum stabil sehingga para prajurit tetap memperhatikan faktor keamanan dalam melakukan pergeseran pasukan ke pos-pos.

“Laksanakan tugas dengan baik, hindari permasalahan sekecil apapun dan berkunjung ke masyarakat setempat wajib memakai Pakaian dinas dan kenali lebih dekat masyarakat sekitar serta dapat memberikan contoh yang baik kepada masyarakat kita,”tandas Letkol Inf. Mario C. Noya.

Ditegaskan pula bahwa, dalam pelaksanaan tugas sebagai Satgas Pamputer seluruh personil yang hadir di wilayah Kepulauan Aru harus mengedepankan rasa tanggung jawab.

“Laksanakan tugas dengan hati. Bergaul dengan masyarakat secara baik, jangan mengambil keuntungan yang pada ujung – ujungnya akan menimbulkan permasalahan antara prajurit sekalian dengan masyarakat,”tandasnya lagi.

Lebih lanjut Letkol Inf. Mario C. Noya mengingatkan kepada Para Komandan Pos (Danpos) untuk selalu mengingatkan anggota nya untuk wajib mendengarkan perintah Danposnya sehingga tugas ini dapat terlaksanakan dengan baik.

“Jangan ragu dan malu untuk saling mengingatkan satu dengan yang lainnya.
Jaga kehormatan satuan, jaga kepercayaan yang di berikan satuan kepada personil masing-masing. Dan, yang paling utama adalah faktor keamanan karena suatu satuan di katakan berhasil jika tidak ada kerugian ( meninggal dunia ) personil dalam melaksanakan tugas tersebut,”ucap Letkol Inf. Mario C. Noya.

Akhir pembicaraannya, Letkol Inf. Mario C. Noya kembali mengingatkan kepada Para Danpos untuk memperhatikan kesejahteraan anggotanya.

“Pelihara hubungan baik antara sesama anggota, dan jika ada permasalahan, segera koordinasi dengan Danramil setempat, dalam hal ini Danramil 1503-03/ Dobo dan Danramil 1503-04/ Jerol,” tutup Letkol Inf. Mario C. Noya.

Pewarta : Nus Yerusa

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top