Liputan Seputar TNI

Keluh Kesah Petani di Desa Sasaran TMMD 112 Wilayah Perbatasan Kodim 0910/Malinau

MALINAU – persbhayangkara.id KALIMANTAN UTARA

Saat anggota Satgas TMMD ke- 112 Wilayah perbatasan Kodim 0910/Malinau Tahun 2021 berangkat menuju sasaran TMMD melihat Halina sedang menyemprot rumput sawah sendirian dengan wajah sayu dan layu, seakan terlalu banyak beban kehidupan yang dipukulnya.

Pandangan seperti ini menjadi perhatian anggota Satgas TMMD 112 Kodim 0910/Malinau Serda Muhtarom (Pendim 0910) berhenti dan menghampiri Halina.

Muhtarom seorang Pendim yang jeli coba menghampiri dan ada apa dibalik wajah sang ibu yang sayu ini.

Halina yang merupakan warga asli Desa Kuala Lapang, RT 04 suku Dayak Putuk Usia 45 Tahun mempunyai 5 orang anak, anak terakhir kelas 5 SD suaminya sudah meninggal 2 tahun silam.

Halina lalu melanjutkan, “Bahwa dia harus beli racun rumput sendiri, terus untuk bibit padi juga masih harus beli sendiri, belum ada bantuan dari Desa atau pun dari Dinas Pertanian.”

Halina mengungkapkan, “Gambut ini susah untuk di garap kalau air pasang atau hujan lebat tenggelam lah padi kami.”

“Kalau panen dapatnya cuma 4 Kaleng biskuit mana cukup pak untuk mencukupi keluarga kami,” ungkap Halina sambil meneteskan air mata.

“Masuknya TMMD di Desa kami, menjadi titik terang dan semangat baru untuk memulai. Ini kesempatan emas, waktu yang sangat berharga. Jalan sudah dibuka disepanjang pemukiman kami, tidak ada lagi kekhawatiran untuk membawa hasil panen. Nah, mungkin PR kita selanjutnya adalah bagaimana kita bisa mengatasi kendala tersebut dengan menggandeng PPL dari Dinas Pertanian Kabupaten Malinau,” harap Halina.(Ezl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top