Liputan Lintas Nasional

UKM IKM Nusantara, Cari Terobosan UMKM, Pasca Pandemi Covid-19

BOJONEGORO – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Semenjak Covid-19 ditetapkan berstatus pandemi, ada banyak sektor ekonomi domestik dan global yang terpengaruhi. Dampak pandemi paling terasa terjadi pada sektor usaha mokro, kecil, dan menengah (UMKM).

Berbicara mengenai sektor UMKM yang terpengaruh oleh pandemi Covid-19, BI melaporkan bahwa UMKM eksportir merupakan yang paling banyak terpengaruh, yaitu sekitar 95,4% dari total eksportir. UMKM yang bergerak dalam sektor kerajinan dan pendukung pariwisata terpengaruh sebesar 89,9%. Sementara sektor yang paling kecil terimbas pandemi Covid-19 adalah sektor pertanian, yakni sebesar 41,5%.

Suprayitno, Koordinator Bidang Perikanan dan Peternakan Propinsi Jawa Timur, mengemukakan bahwa “banyak UKM yang bingung mengenai apa saja produk yang memiliki nilai keunggulan dan berpotensi untuk diekspor.”

Lanjutnya, “banyak juga UKM bingung mengenai negara tujuan mana sajakah yang berpotensi untuk bisa melakukan ekspor. Bahkan, banyak UKM khawatir apakah mereka memiliki potensi yang sama kuatnya dengan Usaha Besar untuk melakukan ekspor. Apalagi, kontribusi ekspor UKM kita masih sedikit sekali sekitar 14%.”

“Peluang madu jonegoroan, untuk ekspor bisa dan pangsa pasarnya luas, dengan silaturohim ini, kita bisa mencoba akses pengembangan usaha ini” ujar Wahyu Setiawan, owner Madu Jonegoroan. (senin, 13 September 2021)

Achmad Sofan Jamil, Wakil Ketua DPW UIN Jawa Timur menambahkan “Potensi UKM untuk ekspor sebenarnya cukup besar lho. Akan tetapi, banyak UKM yang tidak memahami bagaimana melihat potensi ekspor. Salah satunya yang bisa kita lakukan adalah dengan cara melihat pola transaksi perdagangan ekspor yang dilakukan oleh Indonesia.

Perhimpunan UKM IKM Nusantara siap memperkuat pelaku usaha di perdesaan terutama kalangan usaha kecil menengah (UKM) maupun industri kecil menengah (IKM), serta menyukseskan program pemerintah yakni penguatan ekonomi kecil di daerah melalui UKM dan IKM yang mampu merespons perubahan zaman,” tambahnya menegaskan.

Seperti diketahui bahwa Usaha Kecil Menengah dan Industri Kecil Menengah Nusantara atau yang disingkat UKM IKM Nusantara adalah suatu organisasi perkumpulan para pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Dimana penggiat UKM dan IKM berjuang dalam mengaspirasikan ekonomi para pelaku UMKM di Indonesia melalui wadah UKM IKM Nusantara.(zul)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top