Liputan Seputar TNI

Peringati HUT TNI AL ke – 76, Lanal Aru Gelar Apel Khusus

KEPULAUAN ARU – persbhayangkara.id MALUKU

Dalam rangka memperingatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AL ke -76, yang jatuh pada tanggal 10 September 1945, Pangkalan TNI AL (Lanal) Aru menggelar apel khusus Prajurit beserta PNS di Dusun Belakang Wamar, Kecamatan Pulau – pulau Aru, Jumat (10/9/2021).

Pantauan media ini, Apel khusus tersebut dipimpin langsung oleh Komandan TNI AL (DanLanal) Aru, Letkol Laut (P) Choirur Roziqin M. Tr.Hanla, M.M, yang mengangkat Tema: “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”

Bertindak selaku komandan apel, Dandenpomal Kapten Laut ( PM) Teguh Wasono, sementara Letda Laut (S) Ruji Arifin bertindak selaku perwira apel khusus tersebut.

Danlanal Aru, Letkol Laut (P) Choirur Roziqin saat membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M. intinya menegaskan bahwa, peringatan Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut Pada setiap Tanggal 10 September merupakan sebuah penghayatan akan perjalanan panjang sejarah pengabdian TNI Angkatan Laut kpada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Nah, kendati di Tahun 2021 ini, kita masih dalam suasana pandemi Covid-19, namun Jjwa dan semangat kita sebagai Prajurit Jalasena tetap berkobar penuh keyakinan diri menyongsong masa depan yang jauh lebih baik. Untuk itu, marilah kita memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, Allah Subhanahu Wa Ta’ala, karena atas limpahan Rahmat Dan Karunia-Nya, hari Ini masih diberikan hanya kesempatan untuk dapat memanfaatkan Hari Jadi Ke–76 TNI Angkatan Laut dengan sederhana namun penuh hikmat baik secara langsung di Lapangan Apel Denma Mabesal Maupun di Kotama/Satker Jajaran TNI Angkatan Laut berada dan menyimpannya sebagai bagian dari komponen utama pertahanan negara,” ucap Danlanal Aru saat membacakan amanat KSAL.

Lanjut dikutib dari amanat KSAL, Danlanal Aru menegaskan, Peringatan Hari Jadi Ke-76 TNI Angkatan Laut Tahun 2021, TNI Angkatan Laut mengangkat Tema: “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

Oleh sebab itu, mencermati situasi yang berkembang di tingkat global, regional dan nasional, kita harus menyadari bahwa, ketahanan kita sebagai Bangsa Indonesia sedang diuji isu-isu global yang mengemuka seperti perebutan sumber daya alam, kelangkaan energi dan sumber daya alam, perubahan iklim, dan kesenjangan ekonomi antar negara serta kebangkitan taliban di Afganistan dapat menjadi pemicu yang menimbulkan kerawanan pertahanan dan keamanan di Indonesia.

Setiap risiko dan tantangan kita hadapi dengan tetap bersemangat dan penuh ketabahan, bahkan sebagian dari para prajurit patriot sejati telah gugur dan mendahului kita dalam melaksanakan tugas kiranya akan selalu kita kenang dan menjadi pengingat bagi kita semua untuk meneruskan perjuangan prajurit Jalasena yang gagah berani dan tangguh.

“Ketangguhan seperti inilah yang akan menjadi kunci utama bagi kita semua bersama seluruh elemen bangsa, untuk mampu bangkit Kembali Setelah Pandemi sebagai bangsa yang kuat dan terus bertumbuh menuju Indonesia maju,”tandas Danlanal Aru.

Lebih lanjut kata Letkol Laut (P) Choirur Roziqin meniru perkataan yang diamankan KSAL, Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M. bahwa, Pada Kesempatan Ini, akan saya sampaikan beberapa penekanan untuk dipedomani dalam melaksanakan tugas, sebagai berikut:

Pertama, Perteguh keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan yang utama pengabdian kita kepada TNI Angkatan Laut, TNI, bangsa dan negara.

Kedua, Pegang teguh sapta marga, sumpah prajurit, delapan wajib TNI dan Trisila TNI Angkatan Laut nafas hidup prajurit Jalasena berjiwa patriot.

Ketiga, tingkatkan kesiapan dan kesiapsiagaan satuan di jajaran Armada, Pasukan Marinir, Wing Udara dan pangkalan untuk setiap saat dikerahkan melaksanakan tugas-tugas negara.

Keempat, Perjuangkan kejayaan TNI Angkatan Laut dengan tekad yang vulat, semangat dan kegigihan dalam melaksanakan setiap tugas Dan Tanggung Jawab yang diemban.

Kelima, jaga sinergitas dan soliditas internal TNI Angkatan Laut, TNI-Polri serta dengan masyarakat selaras dengan semangat kekeluargaan dan persatuan bangsa.

“Karena, jiwa raga kita hanya untuk mempertahankan kedaulatan negara. Jadi, setiap hembusan nafas kita harus berupa pengabdian. Tanamkan semangat juang dalam hati untuk meraih kejayaan Angkatan Laut “Jalesveva Jayamahe,” tandas Letkol Laut (P) Choirur Roziqin.

Akhir Kata, Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan, perlindungan, kekuatan dan hidayah-Nya kpada kita sekalian dalam mengabdikan diri demi kejayaan TNI angkatan Laut, TNI, bangsa dan Negara Indonesia tercinta.

“Sekian dan terima kasih,
Dirgahayu Ke-76 TNI Angkatan Laut, “Jalesveva Jayamahe” Tutup Danlanal Aru mengutip amanat dari KSAL Laksamana TNI Yudo Margono S.E., M.M.

Sementara pantauan media ini, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun TNI AL ke – 76, Pangkalan TNI AL telah melaksanakan sejumlah kegiatan diantaranya, Serbuan Vaksinasi bagi warga desa pesisir pulau Aru sebanyak 16 ribu lebih.

Selain itu, dilaksanakan pula khitanan masal, pengobatan gratis, Baksos, Ziarah dan pemberian santunan kepada para warga desa pesisir terdampak Covid – 19, serta para penjaga makam dan pembersih lingkungan di Kota Dobo, Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Aru.

Pewarta : Bambang Anakoda

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top