Liputan Lintas Nasional

Wakil Bupati Deli Serdang Hadiri Kegiatan Peningkatan Kampung Bahari Nusantara

DELI SERDANG – persbhayangkara.id SUMATERA UTARA

Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar menghadiri acara peningkatan Kampung Bahari Nusantara dan serbuan vaksinasi massal yang dilaksanakan Lantamal 1 Belawan di Pantai Alam Serdang, Desa Rugemuk, Kecamatan Pantai Labu, Deli Serdang, Sumatera Utara, Rabu (25/8/2021).

Hadir dalam kegiatan itu Danlantamal 1 Belawan Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono bersama Pejabat Utama Lantamal 1 Belawan, Waka Polresta Deli Serdang AKBP Julianto P. Sirait, SIK, Kadis Kominfo Deli Serdang Dr. Dra. Hj Miska Gewasari, MM, Kadis Porabudpar H.Khairum Rijal, ST, Kaban Kesbangpol Drs Haris Binar Ginting, Kepala BPBD Drs Zainal Abidin Hutagalung, MAP, mewakili Kepala OPD terkait, Camat Pantai Labu beserta Muspika dan tokoh masyarakat.

Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar dalam sambutannya mengatakan, “Kawasan pesisir laut sesungguhnya memiliki potensi yang luar biasa bila dikelola dengan baik dan benar,” kata Wabup.

Namun pada kenyataannya masih berbanding terbalik dengan yang diharapkan, karena masih ditemukan sebagian kawasan pesisir belum tertata dan terkelola dengan baik yang mengakibatkan sebagian kawasan pesisir menjadi tercemar, yang tanpa disadari berdampak pada menurunnya sumber daya pesisir dan laut baik kualitas maupun kuantitasnya.

Melihat kondisi demikian, “Kegiatan peningkatan Kampung Bahari Nusantara bertujuan mengajak, mengedukasi, menumbuhkan serta meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga, mencintai dan terus melestarikan sumber daya pesisir sehingga kedepan keadaan pesisir laut menjadi lebih bersih dan indah,” ujar Wabup.

Dikatakannya, kegiatan peningkatan Kampung Bahari Nusantara dirangkai pemberian bibit ikan, pembagian sembako, penanaman pohon mangrove dan vaksinasi massal.

Khusus vaksinasi massal ini merupakan salah satu upaya untuk membentuk kekebalan tubuh dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh sehingga dapat meminimalisir penularan Covid-19 yang saat ini masih melanda.

“Perlu kita fahami bersama bahwa vaksinasi bukanlah akhir dari upaya dalam mencegah penyebaran wabah Covid-19. Maka dari itu selalu jalankan Protokol Kesehatan.”

“Jangan sampai kerja keras dan upaya kita dalam mencegah penularan Covid-19 menjadi kurang bermanfaat hanya karena kita abai, tidak disiplin ataupun lalai,” tegas Wabup.

Atas nama Pemkab Deli Serdang, Wabup menyampaikan terimakasih kepada Danlantamal 1 Belawan serta semua pihak yang telah memberikan bantuan semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat dan juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir baik secara sosial maupun pengembangan teritorial maritim.

Danlantamal 1 Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono dalam sambutannya menyampaikan bahwa, kegiatan peningkatan Kampung Bahari Nusantara ini dilaksanakan untuk meningkatan 5 Klaster berupa, peningkatan ekonomi nelayan, pendidikan masyarakat, kesehatan masyarakat, Hankam masyarakat dan wisata pesisir nelayan.

Selain itu kegiatan ini merupakan upaya untuk membangun potensi yang ada di wilayah pesisir khususnya di Kabupaten Deli Serdang secara bertahap berkesinambungan dengan mengedepankan asas gotong royong, kerjasama seluruh pihak baik pemerintah, swasta serta masyarakat pesisir Deli Serdang, ucap Danlantamal 1 Belawan.

Danlantamal 1 juga mengajak masyarakat untuk merubah persepsinya, seperti bagian rumah. Laut sekarang ini dijadikan sebagai bagian halaman belakang, laut harus dijadikan sebagai halaman depan karena banyak hal yang dapat dilakukan di laut.

“Saya berpesan agar masyarakat pesisir mempunyai kepedulian untuk menjadi mata dan telinga TNI AL dalam mengantisipasi dan menyampaikan segala bentuk ancaman dari laut,” pesan Danlantamal 1 Belawan.

Kegiatan terlebih dahulu diawali dengan transit dan coffee morning di kantor Camat Pantai Labu dan dilanjutkan acara pembukaan peningkatan Kampung Bahari Nusantara Lantamal I TA.2021. Dirangkaikan dengan kegiatan berupa Serbuan Vaksin Covid-19 kepada 300 masyarakat maritim khusus wilayah pesisir Desa Rugemuk Pantai Labu, Penanaman 8000 pohon Mangrove, pembuatan kerambah dan penaburan bibit ikan Siakap 10.000 ekor serta pemberian pakan dan pembagian 400 paket Sembako kepada masyarakat nelayan.(Ezl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top