Kronik polri

Polresta Palangka Raya Turut Serta dalam Apel Gelar Sapras Penanggulangan Karhutla Jajaran Polda Kalteng

PALANGKA RAYA – persbhayangkara.id KALIMANTAN TENGAH

Polda Kalteng menggelar Apel Gelar Sarana dan Prasarana (Sarpras) Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayahnya, Selasa (10/8/2021) pagi.

Apel tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Kalteng, Irjen Pol. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M. bersama para PJU Polda Kalteng, yang dilakukan secara virtual melalui zoom meeting, yang dihadiri oleh polres-polres jajarannya.

Polresta Palangka Raya pun turut serta dalam apel tersebut, yang dilakukan oleh Wakapolresta, AKBP Andiyatna, S.I.K., M.H. bersama para PJU dan personel pada markas komandonya, Jalan Tjilik Riwut Km 3,5, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Dalam pelaksanaan apel tersebut, seluruh polres jajaran Polda Kalteng menggelar berbagai sarpras, mulai dari peralatan hingga kendaran-kendaraan dinas yang disiagakan untuk melakukan upaya penanganan dan penanggulangan karhutla.

“Polresta Palangka Raya menggelar puluhan kendaraan dinas, mulai dari kendaraan roda dua, roda empat hingga Armoured Water Canon (AWC) yang menjadi andalan dalam upaya pemadaman kebakaran,” ungkap Wakapolresta.

Selain itu, beberapa perlengkapan dan peralatan pemadaman karhutla juga digelar Polresta Palangka Raya dalam apel tersebut, seperti mesin dompeng, Alat Pemadam Api Ringan (APAR) serta alat indentifikasi dan olah TKP.

“Polresta Palangka Raya telah berkomitmen bersama Polda Kalteng untuk mencegah terjadinya karhutla, yakni dengan melakukan berbagai upaya mulai dari pre-emtif, preventif hingga represif,” tegas Andiyatna.

Menyoroti upaya represif tersebut, Polresta Palangka Raya telah membuktikannya dengan kesigapan mengungkap tindak pidana karhutla yang terjadi di Jalan Trans Kalimantan Km 23,4, Kelurahan Kalampangan, Kecamatan Sebangau, pada tanggal 26 Juli 2021 lalu.

“Upaya represif merupakan tindakan terakhir yang dilakukan untuk menanggulangi karhutla, tentunya kami juga mengedepankan upaya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai pencegahan dan larangan karhutla,” pungkas Andiyatna. (pm/mal-yut)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top