Kronik polri

Gerai Vaksin Presisi Polresta Palangka Raya Lakukan Vaksinasi Covid-19 Dosis II bagi Masyarakat

PALANGKA RAYA – persbhayangkara.id KALIMANTAN TENGAH

Upaya percepatan Vaksinasi Covid-19 terus dilakukan oleh Pemerintah bersama Dinas Kesehatan dengan dibantu Polresta Palangka Raya dan Polda Kalteng di wilayahnya.

Inovasi pun dilakukan oleh Polresta Palangka Raya guna membantu tercapainya vaksinasi tersebut, salah satunya dengan menggelar Gerai Vaksin Presisi di markas komandonya, Jalan Tjilik Riwut Km. 3,5, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Jumat (30/7/2021) yang dimulai sejak pagi hari.

Kapolresta, Kombes Pol Dwi Tunggal Jaladri, S.I.K., S.H., M.Hum. menjelaskan, gerai tersebut merupakan bentuk inovasi yang digagas oleh Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. guna mendukung percepatan Vaksinasi Covid-19.

“Gerai Vaksin Presisi digelar dengan sinergitas bersama Dinas Kesehatan dan Puskesmas, yang dibantu oleh para personel Biddokkes Polda Kalteng beserta Urkes Polresta Palangka Raya,” tutur Kapolresta yang turut memantau berlangsungnya gerai tersebut.

Gerai itu pun menargetkan sebanyak 150 orang peserta vaksinasi dengan menggunakan Vaksin Covid-19 dosis kedua jenis Sinovac Biofarma, yang ditujukan kepada masyarakat secara umum.

Protokol kesehatan (prokes) dan langkah 5M pun wajib untuk dipatuhi oleh para peserta selama mengikuti proses vaksinasi, yang dimulai dari pendaftaran, registrasi, skrinning (pemeriksaan kesehatan), vaksin hingga observasi.

“Para peserta maupun petugas wajib untuk memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas dan interaksi (5M), demi mencegah potensi penyebaran ataupun penularan Covid-19,” tegas Jaladri.

Sembari memantau pelaksanaan vaksinasi, Jaladri juga memaparkan hasil capaian vaksinasi di Kota Palangka Raya terkini, berdasarkan data yang telah direlease pertanggal 29 Juli 2021.

“Vaksinasi kini telah mencapai angka 141.670 orang dengan rincian, 90.704 dosis I dan 50.966 dosis II, atau sekitar 63,41 persen dari target capaian sebanyak 223.417 penerima Vaksin Covid-19,” paparnya.

Dengan vaksinasi yang dilakukan saat ini, diharapkan dapat membentuk Herd Immunity (Kekebalan Kelompok) bagi masyarakat guna menangkal resiko penularan Virus Corona, serta sebagai bentuk upaya mitigasi dampak Pandemi Covid-19. (pm/mal- mah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top