Liputan Berita Politik,Hukum dan Keamanan

Kepala Balitbang Kumham Sosialisasikan Pelayanan Publik Berbasis Data IPK-IKM di Kalsel

Berikan Pelayanan Profesional dan Berkualitas

BANJARMASIN – persbhayangkara.id KALIMANTAN SELATAN

Gelar kegiatan Sosialisasi Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Data Indeks Persepsi Anti Korupsi dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IPK-IKM) yang dihadiri langsung oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM, Sri Puguh Budi Utami, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan siap memberikan pelayanan yang profesional dan berkualitas. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Jumat, (18/6/21) bertempat di Aula Kanwil Kemenkumham Kalsel ini diikuti oleh Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, dan seluruh Kepala Satuan Kerja Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalsel.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM, Sri Puguh Budi Utami, menyampaikan bahwa sebagai ASN kita semua adalah pelayanan publik, karenanya memberikan pelayanan yang profesional dan berkulitas adalah tugas yang kita emban. “Memberikan pelayanan yang prima adalah tugas dan fungsi kita sebagai pelayanan publik, untuk memetakan dan mengukur kualitas pelayanan kita kepada masyarakat, survey berbasis IPK-IKM yang selama ini telah kita lakukan adalah salah satu alat yang kita gunakan untuk dapat semakin meningkatkan pelayanan publik kita yang profesional dan berkualitas,” ucapnya.

Sri Puguh Budi Utami juga menyampaikan bahwa ada lima aspek yang dapat kita perhatikan sebagai tanda bahwa pelayanan publik kita meningkat yaitu prosedur, biaya, syarat, waktu, dan alur pelayanan mudah dipahami, jelas dan dapat diakses dengan mudah oleh penerima layanan; memiliki inovasi yang adaptif dengan perubahan; inovasi mampu menjawab permasalahan krusial sesuai dengan core business; proses monitoring dan evaluasi dilakukan secara berkala dan terukur dengan melibatkan pimpinan serta seluruh pegawai; dan pengelolaan media informasi dilakukan secara interaktif dan efektif.

Hal senada disampaikan oleh Tejo Harwanto selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan, ia menyampaikan bahwa saat ini nilai hasil survey IPK-IKM Kanwil Kemenkumham Kalsel telah meraih hasil yang memuaskan dan terus meningkat setiap bulannya.

“Pada kesempatan kali ini kami sangat berterima kasih atas waktu dan kesempatan yang diberikan oleh Kepala Balitbang Kumham untuk memberikan pemahaman dan penguatan mengenai kualitas pelayanan publik yang berdasarkan data IPK-IKM guna menunjang kinerja secara bersama-sama dan bersinergi dalam mewujudkan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di seluruh satuan kerja Kanwil Kemenkumham Kalsel,” ujarnya. Hms/Yuday

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top