Liputan Sosial Masyarakat

Adakan Acara Bersih Desa untuk Meminta Kemakmuran Masyarakat

TRENGGALEK – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Sejak kemarin malam, hingga hari ini, Jum’at (11/6/2021), masyarakat bersama Kepala Desa, Perangkat Desa, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat Desa Nglinggis Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, mengadakan acara kegiatan bersih desa.

Di awali kegiatan ziarah kubur cikal bakal atau tokoh Desa Nglinggis, kemudian pembacaan Surah Yasin dan melantunkan Sholawat Nabi SAW, dilakukan di pendopo desa, Kamis (10/6/2021).

Kegiatan bersih desa ini bertujuan memohon kepada Allah Swt agar masyarakat dan Desa Nglinggis, dijauhkan dari segala bencana, malapetaka, dan gangguan-gangguan, baik dari manusia maupun makhluk lain ciptaanNYA.

Abdul Majid, seorang tokoh masyarakat setempat mengungkapkan, bahwa ada sisi lain dari kegiatan bersih desa, yaitu nguri-nguri kebudayaan jawa.

“Kita menjaga kebudayaan jawa, melestarikannya, dan memohon agar tidak dilupakan oleh generasi mendatang.”

Saat ditemui di kantor desa Nglinggis, Suyitno, bersama masyarakat setempat mengadakan hajatan memanjatkan do’a di pendopo desa.

Nampak seorang tetua adat melaksanakan ritual dan do’a di pendopo desa, yang bertujuan memohonkan kehendak serta hajat masyarakat kepada Allah Swt.

Setelahnya, hidangan yang telah di do’akan dibagikan kepada hadirin.

“Agar desa dan masyarakat dijauhkan dari marabahaya, bencana, dan gangguan dari makhluk ciptaanNYA. Semoga kami, masyarakat, dan desa Nglinggis makmur, sejahtera, dan aman,” pungkasnya.

(bud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top