Kronik polri

Terkait Pengoperasian Posko Covid-19 di Tingkat Desa

MUSI BANYUASIN persbhayangkara.id SUMATERA SELATAN

Terkait Pengoperasian Posko Covid-19, Kadis PMD Kabupaten Muba H. Richard Chahyadi AP. MSi angkat bicara berawal dari adanya edaran Presiden dan di tindaknlanjuti oleh Mentri desa serta pemerintah daerah berkaitan dengan adanya edaran dilarang mudik Idul fitri 1442 H atau idul fitri tahun 2021, maka pemerintah desa diminta untuk mendirikan Posko covid 19 ditiap desa dengan mengunakan anggaran dana desa yg telah ditentukan untuk memonitor keluar masuknya masyarakat dari luar desa ,terutama yang datang dari daerah yang menurut pemerintah berada di zona merah agar penyebaran virus covid 19 dapat ditekan dan terdeteksi.

Untuk itu desa diharapakan dapat mengaktifkan posko seminggu sebelum idul fitri dan dua minggu setelah idul fitri guna mencegah penyebaran dan peningkatan kasus Covid 19 diwilayah masing masing ,terutama dikabupaten musi banyuasin. maka perlu beberapa prosedural yang mesti dipahami dan dimengerti yaitu di antarannya jika suatu wilayah baik desa atau kecamatan terjadi lonjakan Kasus COVID-19,” Imbunya.

Maka posko yang ada diharapkan terus diaktifkan sampai terjadi penurunan yg senifikan, dan apa bila terjadi penurunan maka keaktifan posko bisa diatur ulang sesuai kebutuhan dan anggaran yg tersedia,” papar kadis.

Hal demikian wajib dipahami oleh beberapa Elemen Masyarakat agar tidak ada kesalah pahaman dan untuk diketahui sebelumnya bahwa Posko COVID-19 yang ada ,juga memiliki keterbatasan anggaran , jika keaktifannya tidak diatur atau harus setiap hari maka pasti membutuhkan anggaran yang tidak sedikit sedangkan anggaran untuk pencegahan covid 19 didesa hanya 8% dari dana desa masing masing , itupun banyak kegunanannya termasuk untuk penyemprotan dan lain lain bukan hanya untuk posko covid 19 saja .

” Namun penerapan Protokol Kesehatan di setiap acara di dalam desa harus tetap dipantau dan diawasi oleh petugas atau aparat pemerintah desa dalam setiap momen acara yang mengundang massa,” ujarnya.(Alamsyah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top