Kronik polri

Sat Lantas Polres Ciamis Giat Laksanakan Penyekatan Kendaraan

CIAMIS – persbhayangkara.id JAWA BARAT

Satuan Lalu Lintas Polres Ciamis Polda Jabar melaksanakan penyekatan kendaraan yang hendak menuju kawasan obyek wisata Pangandaran. Penyekatan ini dilakukan di dua titik berbeda, yakni Simpang Tiga Pancimas Kalipucang dan Cimerak Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (31/05) lalu.

Kegiatan penyekatan ini dibawah kendali operasional Kanit Turjawali Satlantas Polres Ciamis Iptu Dasino Gustiana. Sebanyak 11 personel Satuan Lalu Lintas dibantu Instansi terkait lainnya bersiaga melakukan penyekatan di dua titik yang menjadi akses masuk menuju kawasan obyek wisata Pangandaran.

Kasat Lantas Polres Ciamis, AKP Zanuar Cahyo Wibowo, S.I.K., M.Si. mengatakan, penyekatan ini dilakukan untuk memastikan wisatawan yang akan menikmati akhir pekan di obyek wisata Pangandaran terbebas dari Covid-19. Salah satunya para pengendara diminta untuk menunjukan surat bebas dari Covid-19, hasil pemeriksaan Rapid Tes Antigen, Swab Tes maupun PCR (Polymerase Chain Reaction).

“Penyekatan ini bertujuan untuk mencegah penyebaran Virus Corona di kawasan obyek wisata, sehingga wisatawan lainnya yang terbebas dari Covid-19 dapat merasa nyaman dan aman saat berlibur di kawasan obyek wisata yang ada di Kabupaten Pangandaran,” kata AKP Zanuar Cahyo Wibowo.

Lebih lanjut, AKP Zanuar Cahyo Wibowo mengatakan, pihaknya akan secara tegas mengambil tindakan kepada pengendara yang tidak mengikuti peraturan yang telah disepakati bersama untuk kawasan obyek wisata Pangandaran khususnya. Tindakan tersebut berupa putar balikan kendaraan, diberlakukan kepada mereka yang tidak bisa menunjukan tanda bebas Covid-19.

“Penyekatan hari ini, tercatat sampai dengan pukul 15.30 WIB ada 26 kendaraan dengan berbagai jenis serta merek kendaraan terpaksa kita putar balikan, mereka semua tidak bisa menunjukan surat bebas Covid-19,” tutur AKP Zanuar Cahyo Wibowo.

AKP Zanuar Cahyo Wibowo berpesan kepada warga masyarakat yang hendak menghabisi waktu akhir pekan di kawasan obyek wisata, untuk tetap selalu mematuhi protokol kesehatan, salah satunya mempersiapkan surat bebas Covid-19 melalui hasil pemeriksaan Rapid Tes Antigen maupun Swab Tes.

“Meskipun sedang berlibur, protokol kesehatan tetap selalu dijalankan, kedisiplinan kita bersama menerapkan protokol kesehatan menjadi salah satu kunci memutus rantai penyebaran Virus Corona,” pungkasnya.

Selama pelaksanaan penyekatan, seluruh personel yang bertugas tetap mempedomani protokol kesehatan, dengan selalu memakai masker dan menghindari timbulnya kerumunan saat melakukan pemeriksaan kendaraan. Situasi sampai dengan saat ini masih dalam keadaan aman, damai, dan kondusif. (Diwantara/Deded Skr/Hms.)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top