Kronik polri

Kakanwil Kemenkumham Kalsel Terima Hibah Lahan dan Tandatangani MoU dengan Bupati Balangan

BANJARMASIN – persbhayangkara.id KALIMANTAN SELATAN

Senin (31/05), Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan menerima sertifikat tanah atas hibah lahan dari pemerintah daerah Kabupaten Balangan. Hibah sertifikat tanah ini diberikan langsung oleh Bupati Balangan, H. Abdul Hadi dan diterima oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel, Tejo Harwanto. Penyerahan hibah ini dilaksanakan di Aula Kanwil Kemenkumham Kalsel.

Hadir Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Balangan (Yuliansyah), Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan, Hukum dan (Sutikno), Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Sutrianur), Kepala Dinas PUPR Kab. Balangan (Akhfiani), para Kepala Satker perangkat daerah di Kab. Balangan, para Pimti Pratama, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalsel.

Kunjungan Bupati Balangan ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan Hibah Barang Milik Pemerintah Kabupaten Balangan dengan Kanwil Kemenkumham Kalsel, yang akan direncanakan untuk pembangunan Lembaga Pemasyarakatan di Kab. Balangan. Kegiatan ini tidak hanya penyerahan hibah saja, melainkan juga didahului dengan penandatanganan MoU tentang Pembentukan, Pelayanan Hukum dan HAM antara Kanwil Kemenkumham Kalsel dengan Pemerintah Kabupaten Balangan yang bertujuan untuk mewujudkan Peraturan Perundang-undangan di daerah yang harmonis, serasi dan tidak bertentangan dengan peraturan- undangan yang lebih tinggi.

Dalam sambutan Kakanwil Kalsel, Tejo Harwanto menyampaikan, “saya mewakili Kementerian Hukum dan HAM sangat berterima kasih atas pemberian hibah tanah dari Pemerintah Kabupaten Balangan beserta jajaran dengan luas 49.850 m² dengan nilai perolehan sebesar Rp 1.196.400.000,-. Lahan hibah ini nantinya rencananya akan dibangun Lembaga Pemasyarakatan Balangan. Dengan adanya kegiatan ini, akan memperkuat dan mempererat sinergitas yang selama ini dibangun dan semoga akan berimplikasi pada peningkatan peran Kanwil Kemenkumham Kalsel serta Kabupaten Balangan khususnya masyarakatnya,” jelasnya.

Dilanjutkan oleh Bupati Balangan, H. Abdul Hadi juga menyampaikan sambutannya. “Dengan adanya MoU ini, maka diharapkan Peraturan Perundang-undangan yang ada di Kabupaten Balangan agar tidak bertabrakan dengan peraturan yang lebih tinggi. Selain itu pemberian hibah tanah ini semoga bermanfaat bagi Kanwil Kemenkumham Kalsel untuk membangun Lembaga Pemasyarakatan di Balangan,” tukasnya.

Keikutsertaan menindaklanjuti agenda 5 tahun yang lalu yang belum terealisasi sampai hari ini, dalam waktu Ciptanya Pj. Sekda Balangan akan berkoordinasi dengan Kanwil Kemenkumham Kalsel untuk dibuatkan Unit Layanan Paspor di Kabupaten Balangan. (hms/yuday)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top