Liputan Lintas Nasional

16 Warga Kecamatan Prambon Ikuti Pelatihan Barista

SIDOARJO – persbhayangkara.id JAWA TIMUR

Kali ini giliran 16 orang Warga Kecamatan Prambon mengikuti Pelatihan Barista atau penyaji kopi profesional yang di gelar mulai tanggal 27 Mei sampai tanggal 05 Juni 2021 di kantor Kecamatan Balongbendo yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sidoarjo H. Subandi SH, Kamis, (25/5).

“ Saya mengucapkan terima kasih Kecamatan Prambon sudah menjadi lokus pelatihan barista ini sehingga warga prambon bisa menikmati pelatihan dan nantinya akan memberikan hasil sehingga mereka dapat mengembangkan usahanya” Kata Ronny Julianto Camat Prambon

Selain itu Camat Prambon menambahkan apabila pada saat ini permohonan kartu permohonan kerja /kartu kuning sudah semakin menurun hal ini bisa diartikan bahwa pencari kerja sudah menurun dan berganti dengan adanya usaha sendiri, dan tentu akan diperkuat lagi dengan adanya pelatihan yang merupakan salah satu solusi yang diambil dari Pemerintah Daerah sehingga kan semakin banyak lagi warga yang bisa menciptakan usaha sendiri hingga menekan angka pengangguran yang ada.

Wakil Bupati H. Subandi, SH. menyampaikan pelatihan seperti ini dilakukan dalam upaya untuk mengurangi angka pengangguran. Dikatakannya dampak pandemi Covid-19 menjadi penyebab tingginya angka pengangguran di Kabupaten Sidoarjo. Kondisi seperti ini menuntut Pemerintah memiliki kreatifitas program untuk menekan angka penganguran. Dengan memberikan pelatihan-pelatihan jangan sampai nanti pekerja yang sudah dirumahkan tidak mampu memenuhi kebutuhan sehari-harinya, sehingga mudah-mudahan dengan inovasi kegiatan ini yaitu pelatihan barista ini mampu menciptakan lapangan kerja baru terlebih bisa jadi pengusaha-pengusaha baru yang sukses.

“ Zaman dulu itu orang jualan kopi seharga 1000-2000 rupiah, sehingga melalui pelatihan ini Pemerintah mencoba untuk mengembangkan usaha kopi ini pada kaum milenial dan selain itu nantinya akan menghasilkan pengusaha baru yang bisa meningkatkan perekonimian warga Sidoarjo khususnya di Kecamatan Prambon dan saya minta kepada para peserta untuk bersungguh-sungguh selama 8 hari kedepan, agar dengan ketrampilan yang diperoleh anda bisa menjadi barista yang mumpuni dan mampu bersaing dengan barista-barista yang lain.

Dan Kepada Camat setelah pelatihan ini untuk memberikan pembekalan kepada peserta agar bisa mengembangkan usahanya dengan menggunakan bantuan kredit yang sudah dipersiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo. (yu/sult)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top