Liputan Lintas Nasional

HMA Yusuf Siregar : Minta Kadis Kominfo Dr Dra Hj Miska Gewa Sari Lakukan Sosialisasi Covid-19 Melalui Radio DS

DELI SERDANG – persbhayangkara.id SUMATERA UTARA

Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Deli Serdang yang di pimpin oleh Wakil Bupati Muhammad Ali Yusuf Siregar, Kapolresta Deliserdang Kombespol Yemi Mandagi SIK, Dandim 0204 DS Letkol Kav Jackie Yudhantara , Asisten 1 Citra Efendi Capah mengundang sejumlah pimpinan ormas keagamaan dan tokoh agama untuk membahas terkait sosialisasi tentang penerapan Protokol Kesehatan dan pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara.

Pertemuan dilakukan di Gedung Aula Kantor Bupati Deli Serdang, Jum at 07/05/2021 siang. Dalam kesempatan itu Wakil Bupati Del Serdang Muhammad Ali Yusuf Siregar menyampaikan situasi terkini terkait kondisi Kabupaten Deli Serdang tentang penyebaran Covid-19 dan statusnya.

Dalam arahannya, Wakil Bupati Deli Serdang Muhammad Ali Yusuf Siregar meminta kepada pimpinan ormas keagamaan yang ada seperti MUI Deli Serdang, Muhamadiyah, FKUB, Dewan Mesjid Deli Serdang maupun organisasi masyarakat lainnya dan tokoh agama yang ada, untuk membantu pemerintah dalam menyampaikan edukasi pada masyarakat agar mematuhi Protokol Kesehatan.

Wabup mengatakan melihat situasi dan kondisi di Deli Serdang, tingkat penyebaran Covid -19 semakin hari semakin meninggi, mau tidak mau kita harus berfikir bagaimana upaya yang akan kita lakukan untuk menurunkan atau pun memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kabupaten Deli Serdang yang terpapar Covid-19 meninggal dunia di tahun 2020 dan 2021 sebanyak 285 orang, sementara untuk yang sembuh sebanyak 4.534 orang, terkonfirmasi 5.195 orang,” kata Yusuf Siregar.

Bahkan menurut data data perharinya yang meninggal dunia puluhan orang, belum lagi seperti di India 300 ribu orang per hari yang meninggal dunia akibat Covid-19, maka dari itu kita harus mengantisipasi penyebaran Covid-19 pada Idul Fitri yang tinggal beberapa hari lagi,ucapnya.

Kita harus lebih serius menangani penyebaran Covid-19 ini, terutama pencegahan dimulai dari Desa dan Kecamatan, karna Covid-19 ini tidak main-main, jika Desanya sudah baik, Kecamatannya baik maka tentu kabupatenya juga baik, kata Wabup.

” Hal ini sangat penting untuk memulihkan kondisi pandemi saat ini agar kita dapat menekan terus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Deli Serdang, untuk itu sangat dibutuhkan peran serta tokoh agama, organisasi keagamaan dalam menyampaikan pesan kepatuhan kepada masyarakat, Pemkab Deli Serdang tentunya membuka dan ingin komunikasi terbangun ,mengajak kita bersama berperan dalam hal ini ,” ucap Wakil Bupati Deli Serdang.

Wakil Bupati juga meminta kepada Dinas Kominfo untuk menyampaikan perkembangan data terkait penanganan Covid-19 dan himbauan pada masyarakat melalui siaran radio Deli Serdang serta Media Sosial.

Hal senada disampaikan oleh Kapolresta Deli Serdang Kombespol Yemi Mandagi SIK, yang menyoroti tentang aktivitas keramaian warga di tempat wisata maupun pusat perbelanjaan dan perdagangan.

Kapolresta minta pendataan pengunjung misalnya di objek wisata kolam renang di Tanjung Morawa,”Kalau bisa ada hitungan jumlah pengunjung, supaya petugas dapat memonitor jumlah pengunjung yang ada dilokasi wisata tersebut dan ini memudahkan untuk dapat dibatasi sama halnya dengan pusat perbelanjaan.

“Ini kedepan perlu ditertibkan , tentunya mengedepankan himbauan dengan humanis dan persuasif, tidak bisa serta merta langsung dijerat hukum, karena ada kebijakan pemerintah dalam ketahanan ekonomi juga. Namun bila sudah diperingatkan, dikasi surat peringatan tidak juga dihiraukan, baru kita ambil langkah hukum sesuai aturan yang ada,” tegas Kapolesta.

Kapolresta juga menyarankan agar Satgas Covid-19 memiliki juru bicara yang dapat mengupdate perkembangan situasi, sehingga kita dapat melakukan pemetaan di masing masing Kecamatan dan Desa agar cepat dilakukan langkah langkah penanganan ,baik dengan PPKM Sekala Mikro dan lainnya.

” Saat ini kita terus melakukan upaya penekanan terhadap penyebaran Covid-19 dengan melakukan kegiatan sosialisasi tentang penerapan Protokol Kesehatan di seluruh wilayah, vaksinasi, penyemprotan disinfektan dan lainnya, ini perlu disampaikan pada masyarakat agar masyarakat juga tau kalau kita terus berupaya dan mengharapkan dukungan masyarakat untuk apa yang diharapkan,” ujar Kapolres.

Hal senada juga disampaikan oleh Dandim 0204 DS Letkol Kav Jackie Yudhantara , menyampaikan bahwa TNI / Polri masih terus melakukan monitoring diwilayahnya hingga saat ini, berbagai upaya sosialisasi terus menerus dilakukan.

Kami minta untuk objek wisata, hotel, cafe, pusat perbelanjaan untuk membatasi pengunjung, kewenangan untuk satgas Covid-19 bisa mengecek ketempat wisata tersebut .

” Satgas Covid-19 punya kewenangan untuk menegur pengelola dan ini perlu disampaikan agar tidak ada benturan antara antara Satgas Covid-19 dengan pengelola,” kata Dandim 0204 DS dalam forum.

Menanggapi hal itu, Dewan Mesjid Deli Serdang menyambut baik hal ini dan menyatakan dukungan pada Satgas Covid-19 Kabupaten Deli Serdang untuk menekan penyebaran Covid-19.

Dewan Mesjid Deli Serdang menyebutkan, akan membantu mensosialisasikan kepada masyarakat untuk patuh Protokol Kesehatan, karena terkejut dengan informasi yang di dengar dari media bahwa Deli Serdang saat ini masuk zona merah bahkan lebih tinggi dari Kota Medan, sekaligus berharap pada Pemerintah Kabupaten Deliserdang agar pada tiap acara keagamaan Dewan Mesjid di libatkan.

Sementara itu Ketua Forum Kumpukan Umat Beragama (FKUB ) Waluyo menyayangkan tidak ada kordinasi antara Pemerintah dengan FKUM sebelumnya.

” Ini sudah satu tahun bahkan hampir 2 tahun berlangsung pandemi Covid-19, informasi kebijakan pemerintah berupa surat edaran apapun terkait hal ini belum pernah diketahui FKUB, bahkan kami tidak pernah dapat data seperti apa kondisi terkait penyebaran Covid-19 di Kabupaten Deliserdang ini seperti apa ,” ucapnya.

Waluyo meminta, atas nama warga warga, berilah kami informasi secepatnya agar kami dapat menyampaikan pada warga terkait perkembangan situasi saat ini ,agar saat ini masyarakat faham, seperti apa situasinya hingga tidak menimbulkan kesan yang lain di masyarakat ,jelas Waluyo.

Kadis Kominfo Kabupaten Deli Serdang, Dr Dra Hj Miska Gewa Sari yang diminta melakukan sosialisasi melalui radio, himbauan untuk mengantisipasi Covid-19 oleh Wakil Bupati Deli Serdang, menyampaikan kalau saat ini, Dinas Kominfo Kabupaten Deli Serdang memiliki 2 siaran Radio dan satu khusus untuk penyampaian informasi sosialisasi tentang Covid-19.

“Sudah ada siaran radio tentang Covid-19, namun narasumber diperlukan untuk menyampaikan perkembangan, materi atau bahan yang perlu segera disampaikan, maka kami mengharapkan peran OPD terkait dalam hal ini sangat dibutuhkan, untuk mengupdate informasi terbaru ,” jelas Miska.

Pertemuan di hadiri oleh Pengurus Muhamadiyah Deli Serdang, Ketua MUI, Ketua FKUB, Pengurus Dewan Mesjid, Pengurus Ormas Keagamaan Lainnya, tokoh agama, Kadis Pariwisata dan OPD terkait.(Ezl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top