Seputar TNI & POLRI

Pra TMMD ke-111 TA 2021 Muba, Babinsa Koramil 401-04/Bayung Lincir Melaksanakan Sidak di Pasar Rakyat

MUSI BANYUASIN – persbhayangkara.id SUMATERA SELATAN

Dalam rangka kegiatan pra TMMD ke-111 TA 2021 Muba, babinsa koramil 401-04/Bayung Lincir,Serka Jaya S,dan Koptu Adi melaksanakan monitoring kegiatan pengawasan dan sidak(inpeksi mendadak) terhadap peredaran bahan pangan di pasar rakyat Desa Bandar Agung,Kecamatan Lalan,Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.Digencarkan pada bulan ramadhan dan jelang hari raya Idul fitri. Pada Minggu(02/04/2021).

Jajaran dinas Kesehatan Lap dan masyarakat, BKKBN, Dr Amir beserta 3 petugas puskesmas, Ipda Nazarudin beserta 3 babinkamtibnas dan polsek Lalan, Kepala desa Lalan, dan Bapak Tris perwakilan dari kecamatan Lalan,menggelar sidak bahan pangan di Pasar rakyat Desa Bandar Agung.

Para petugas pajak sejumlah bahan pangan di Pasar rakyat desa Bandar Agung, Mereka juga mengambil beberapa sampel untuk dilakukan uji kandungan bahan pangan yang tidak memenuhi persyaratan keamanan, mutu, label pangan dan mengandung bahan berbahaya seperti fotmalin, boraks, rodhamin B, bakso, cendol, cincau, tahu dan beberapa pangan lainnya.

Langkah itu dilakukan untuk memastikan bahan pangan yang ada di pasar layak dikonsumsi masyarakat.

Dodi dari Dinas Kes lap dan masyarakat mengatakan,”Hari ini kita melakukan pengawasan pangan terpadu di Pasar rakyat desa Bandar Agung Lalan, kita ambil beberapa sampel bahan pangan,” kata Dodi saat ditemui di Pasar rakyat .

Lanjutnya,”Dalam pengawasan pangan terpadu dipasar rakyat Bandar Agung ini, petugas mengambil sebanyak 8 sampel bahan pangan seperti cendol dan tahu yang jual ibu Aminah, Bakso yang dijual ibu Prapti, Cincau dan cendol yang dijual ibu Tati, Tahu yang dijual Bapak Zainal, Cincau dan tahu yang dijual Bapak Amirudin, dari seluruh sampel itu kemudian dikumpulkan untuk dilakukan pengujian.”

“Hasilnya tadi kami sudah uji sampel dan semua negatif tidak ditemukan adanya bahan yang membahayakan, seperti formalin,” katanya.

Dodi menyampaikan, pengawasan pangan terpadu ini memang dilakukan untuk kelayakan pangan menjelang Ramadhan dan Idul fitri. Pihaknya akan secara rutin menggelar pengawasan bahan pangan.

“Nanti akan ada lagi jelang ramandan dan jelang idul fitri. Kalau ini merupakan kegiatan rutin.” ujarnya.

Dodi menghimbau masyarakat agar tetap berhati-hati dan teliti ketika membeli bahan pangan yang ada di sejumlah pasar.

(Alamsyah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top