Kronik polri

May Day FSPMI Gelar Aksi Damai, Polres Majalengka Berikan Pelayanan Pengamanan

MAJALENGKA – persbhayangkara.id JAWA BARAT

Gabungan Polres Majalengka dan Instasi terkait mengerahkan ratusan personil yang di Pimpin langsung oleh Kapolres Majlaengka AKBP Syamsul Huda untuk melakukan pelayanan pengamanan aksi damai yang digelar oleh Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kabupaten Majalengka ke Kantor Bupati Majalengka dan ke Kantor DPRD Majalengka dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional (May Day), Sabtu lalu.

Orasi dengan aksi damai dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kabupaten Majalengka Selaku Penangung jawab Audensi yaitu Ketua PUK SPAI FSPMI PT.SLI Sdr. ADE TAOFIQ NURROCHMAN dan Ketua PUK SPAI FSPMI PT.SFII Sdr. BAGUS FATHURROHMAN, bertempat di didepan Pendopo Kabupaten Majalengka dan depan kantor DPRD Kabupaten Majalengka.

Aksi Damai dari FSPMI Dalam rangka memperingati Hari May Day melakukan aksi damai dan menyampaikan aspirasi / tuntutan yakni batalkan Omnibuslaw UU Cipta Kerja No 11 tahun 2020 dan Berlakukan UMSK Kabupaten Majalengka/Kota tahun 2021.

Kedua tuntutan tersebut yang dianggap merugikan kalangan Buruh / Pekerja dimana salah satu yang sedang berkembang terkait Korupsi Dana BPJS Ketenagakerjaan dan Pasca disahkannya RUU Omnibuslaw Cipta Kerja yang mana masih dilakukan Judisial Revieuw.

Terpantau Personil Polres Majalengka untuk pencegahan penularan Covid-19 membagikan masker kepada peserta pengujuk rasa, secara keseluruhan peserta Pengunjuk rasa menggunkan masker dengan menerapkan protokol kesehatan.

Aksi damai diterima langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Majalengka terkait UU Omnibuslaw dulu sudah membuat petisi agar jangan disahkan dan sudah dikirim ke Pemerintah Pusat namun tetap aja disahkan, kemudian apabila meminta untuk mendorong agar dibatalkan terkait Omnibuslaw yang sedang Judisial Review silahkan membuat petisi sehingga kami bisa mudah untuk mendorong rekan – rekan.

Terkait keinginan untuk masuk dalam perumusan UMK tahun Depan kami akan merumuskan dengan Komisi IV yang secara khusus membidangi ketanakerkaan mudah – mudah ada kebijakan dikarenakan untuk masuk dalam rapat Dewan pengupahan adanya ketentuan – ketentuan yang harus dipenuhi.

Dalam pelaksanaan audieni pihak Serikat Pekerja mengucapkan terimakasih atas penerimaan dan tanggapan yang disampaikan oleh DPRD Kabuoaten Majalengka dan mengucapkan terimakasih kepada Pihak Kepolisian dan Instansi terkait telah memberikan Pelayanan Pengamanan selama audiensi berjalan aman dan lancar.

Kapolres Majalengka AKBP Syamsul Huda melalui Kabag Ops KOMPOL Firman Taufik mengatakan, pihaknya sudah menerima pemberitahuan aksi damai May Day atau hari buruh internasional tersebut, hal ini kita apresiasi, rekan dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kabupaten Majalengka tersebut mengikuti prosedur yang ada dengan melayangkan surat pemberitahuan terlebih dahulu kepada pihak keamanan.

Lanjutnya, atas dasar tersebut pihaknya memberikan pelayanan pengamanan dan pengawalan aksi damai dengan mengerahkan sekitar 140 personil pengamanan unras serta dibantu dengan tim pengawalan dan patroli dari satuan fungsi Polres Majalengka, Kodim 0617, Polsek Jajaran, Sat Pol PP dan Dishub Kabupaten Majalengka.

Sebelumnya pihaknya sempat menghimbau peringatan May day agar dilakukan dengan aksi sosial, namun apabila ingin melakukan aksi damai pihaknya tidak melarang dan tetap diberikan pelayanan pengamanan dan pengawalan kepada masyarakat, berharap, aksi damai dengan mematuhi dan menerapkan Protokol kesehatan dan dapat dilakukan dengan tertib dan damai.” tegasnya.(03/05/2021)
Deded,Skr

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top