Liputan Seputar TNI

Kodam II/Swj Tutup Latihan Pratugas Satgas Pamtas RI- Malaysia Yonif 144/JY

PALEMBANG – persbhayangkaraid SUMATERA SELATAN

Danrindam II/Swj Kolonel Inf Kolonel Inf Ibnu Jarwadi secara resmi menutup pelaksanaan Latihan Pratugas Satgas Yonif 144/Jaya Yudha yang digelar Kodam II/Swj dalam rangka Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia (RI) dengan Malaysia di wilayah Perbatasan Kalimantan Barat (Kalbar), Jum’at (23/4/2021) bertempat di halaman samping Koramil Lebong Kec. Rimbo Pengadang Kab. Lebong Bengkulu.*_

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi dalam sambutan tertulis yang dibacakan Danrindam II/Swj menyampaikan bahwa, Latihan Pratugas yang baru saja dilaksanakan, adalah latihan aplikasi dari berbagai teori dan keterampilan yang telah terima, untuk mengetahui sejauh mana kesiapan dan kemampuan satuan dalam menjalankan Tugas Operasi dengan menggunakan daerah latihan yang diperagakan mendekati daerah penugasan yang sebenarnya.

Oleh karena itu, diharapkan agar para prajurit sekalian dapat memperdalam kemampuan yang sudah didapatkan dalam latihan ini. Bila materi yang diterima diaplikasikan dengan benar, tentu para prajurit dalam pelaksanaan tugas akan bisa menghindari terjadinya kesalahan prosedur yang dapat merugikan personel maupun materiil. Untuk itu sebagai prajurit yang sudah siap diberangkatkan ke daerah penugasan tentu harus mempunyai kepekaan terhadap setiap perkembangan situasi, dan akan selalu mengutamakan keselamatan dalam upaya pengamanan ketat sekaligus menanamkan dalam diri tentang kewaspadaan dan kedisiplinan dalam pelaksanaan tugas.

Selanjutnya, Pangdam II/Swj dalam sambutannya mengatakan bahwa, harus disadari penugasan operasi merupakan sebuah kehormatan, kepercayaan dan kebanggaan. “Oleh sebab itu, laksanakan tugas mulia tersebut dengan profesional. Keberhasilan kalian dalam melaksanakan tugas di wilayah perbatasan merupakan salah satu tokoh ukur terhadap keberhasilan Pembinaan Satuan di Kodam II/Swj”, tegasnya.

Sebelum mengakhiri sambutan, disampaikan juga ucapan terimakasih kepada Danrindam II/Swj beserta Staf, Pelatih, Pengendali, Pendukung dan Prajurit Satgas Pantas Yonif 144/Jaya Yudha, atas terselenggaranya pelaksanaan latihan tersebut sehingga dapat berjalan dengan tertib, aman dan lancar. “Segera lakukan evaluasi guna perbaikan ke depan agar kepentingan penyiapan Latihan Pratugas Satuan yang akan melaksanakan operasi selanjutnya akan dapat diselenggarakan secara lebih baik lagi”, ungkapnya.

Hadir dalam upacara penutupan Latihan Pratugas tersebut antara lain, Kabaglat Rindam II/Swj, Danbrigif 8/GC dan Waasops Kasdam II/Swj.

Untuk diketahui bahwa, selama 12 hari, mulai tanggal 12 April s.d 23 April 202, Satgas Yonif 144/JY melaksanakan latihan Pratugas. Latihan Pratugas tersebut merupakan upaya pimpinan untuk meningkatkan kemampuan dan menguji kesiapan Operasi Satgas Yonif 144/JY dalam pengamanan perbatasan darat RI- Malaysia TA 2021 secara berhasil dan berdaya guna.

(Alamsyah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top