Liputan Seputar TNI

Kasdam II/Sriwijaya Buka Pendidikan Tamtama TNI AD Gelombang I TA 2021 di Lahat

PALEMBANG – persbhayangkaraid SUMATERA SELATAN

Kepala Staf Kodam (Kasdam) II/Sriwijaya Brigjen TNI Muhammad Zamroni, secara resmi membuka Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) Prajurit Karier (PK) TNI AD Gelombang – I Tahun Anggaran (TA) 2021, bertempat di Rindam II/Swj Puntang – Lahat, Rabu (21/4/2021) pagi, pukul. 09.00 WIB.*_

Kegiatan Dikmata Gelombang – I TA 2021 tersebut akan berlangsung selama 20 Minggu, mulai tanggal 21 April s.d 7 September 2021 mendatang, dan diikuti sebanyak 400 siswa yang berasal dari berbagai wilayah Sumsel dan Sumbagsel seperti, Lampung, Jambi, Bengkulu dan Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Pangdam II/Swj dalam amanat tertulis yang dibacakan Kasdam II/Swj Brigjen TNI Muhammad Zamroni mengatakan bahwa, Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD merupakan pendidikan dasar keprajuritan yang akan mengubah pola hidup dari masyarakat sipil menjadi seorang prajurit sehingga memiliki sikap, perilaku, pola pikir dan karakter sebagai Prajurit TNI AD.

Melalui pendidikan ini, sambung Kasdam, para Prajurit Siswa akan dibentuk menjadi Prajurit Tamtama TNI AD yang berjiwa Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI sebagai landasan bertindak.

Selanjutnya, dengan pengetahuan dan keterampilan dasar keprajuritan serta ditunjang kondisi jasmani yang samapta, para Prajurit Siswa nantinya diharapkan menjadi prajurit yang handal dan mampu menjalankan tugas yang diberikan oleh negara sebagai Prajurit TNI AD yang dapat dibanggakan.

Untuk itu, ikuti petunjuk dan arahan para Gumil, Pelatih dan Pembina serta laksanakan semua peraturan dan ketentuan yang berlaku dengan penuh kesadaran dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Selain itu, para Prajurit Siswa dituntut memperhatikan semua materi yang diajarkan baik dalam kegiatan fisik maupun pembentukan mental serta latihan taktik maupun teknik dasar keprajuritan.

Sebelum mengakhiri amanat ini, kepada Danrindam II/Swj beserta Staf, Dansecata, para Pembina, Gumil dan Pelatih, Kasdam meminta agar selalu melaksanakan pengawasan dan pengendalian selama penyelenggaraan pendidikan berlangsung secara cermat dan konsisten, sehingga pendidikan dapat dilaksanakan sesuai rencana, Improvisasi dan Kreativitas dalam penyelenggaraan pendidikan perlu dikembangkan, sehingga kemampuan penalaran yang logis dan sistematis bagi peserta didik dapat berkembang dan mampu memecahkan masalah dengan tepat dan tuntas.

“Perhatikan faktor keamanan dan terapkan Protokol Kesehatan secara ketat dalam setiap kegiatan sehingga terhindar dari penyebaran Covid-19”, tegas Kasdam.

Upacara Pembukaan Dikmata Gelombang – I TA 2021 ini ditandai dengan penyematan tanda peserta pendidikan oleh salah satu perwakilan prajurit siswa Tamtama.

Hadir dalam Upacara Pembukaan Dikmata TNI AD TA 2021 tersebut adalah Danrindam II/Swj, Kabekangdam II/Swj, Kakesdam II/Swj, Kaajendam II/Swj, Kapaldam II/Swj dan Wadanrindam II/Swj.

Hadir pula, Wakil Bupati dan unsur Forkopimda Lahat, Waaspers Kasdam II/Swj, Waaslog Kasdam II/Swj, para Kabag, para Katim, para Dandodik, Dansecaba, Dansecata, para Dansatdik, Dandenma Rindam II/Swj, para Gumil, Pelatih/Pembina Rindam II/Swj, Kasat Pol PP Kab. Lahat.

Published : Alamsyah

Sumber : Pendam II/Sriwijaya

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top