Kronik polri

Kapolres Ciamis Ikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam Rangka OPS Ketupat Tahun 2021

CIAMIS – persbhayangkara.id JAWA BARAT

Kepala Kepolisian Resor Ciamis AKBP Hendria Lesmana, S.I.K., M.Si., mengikuti virtual Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka Operasi Ketupat Tahun 2021. Acara virtual zoom meetting itu dilakukan di Aula Pesat Gatra Mapolres Ciamis, Jalan Jend. Sudirman No.271, Sindangrasa, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (21 April 2021).

Lintas Sektoral di wilayah hukum Polres Ciamis yang mengikuti Rakor, diantaranya Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya, Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., Kajari Ciamis Yuyun Wahyudin, SH., M.H., Ketua Pengadilan Negeri Ciamis, Ketua DPRD Kab. Pangandaran, Kadishub Kabupaten Ciamis, Kadishub Kabupaten Pangandaran, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Ciamis dan Pangandaran. Selain itu juga para Pejabat Utama Polres Ciamis serta Kepala Satuan Fungsi Polres Ciamis.

Dalam rakor tersebut, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di Mabes Polri menyampaikan bahwa terkait persiapan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, Polri sebagai kekuatan pengamanan menyatakan kesiapannya. Dimana sasaran yang menjadi perhatian mengacu pada penyebaran Covid-19.

“Perlunya keterpaduan diantara semua jajaran terkait dalam hal penanganan Covid-19 pasca perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H yang dimungkinkan sangat terjadi membludaknya masyarakat yang melaksanakan mudik dan memungkinkan meningkatnya peredaran serta penyebaran Covid-19. Pengawasan secara ketat kita tingkatkan dalam bentuk melanjutkan kegiatan PPKM Mikro di setiap wilayah dan persiapan rencana pengamanan Ops ketupat 2021,” kata Kapolri.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan, pesan-pesan terkait potensi yang dimungkinkan terjadi pasca perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H. Yaitu masyarakat yang memaksakan mudik ditengah pandemi Covid-19 yang rawan akan meningkatnya jumlah masyarakat terdampak Covid-19.

“Perlu dilakukan peningkatan pengawasan PPKM Mikro dengan cara memberdayakan Tokoh masyarakat yang berperan dalam membantu tugas TNI-Polri untuk mengajak masyarakat agar selalu patuh pada protokol kesehatan serta mengedepankan peran Babinsa dan Babhinkamtibmas di tengah masyarakat. TNI siap bersinergi bersama Polri dan seluruh jajaran terkait pengamanan Ops Ketupat 2021 di setiap wilayah,” kata Panglima.

“Anggota kami akan disebar di setiap posko-posko yang telah ditentukan di setiap titik-titik yang sudah ditetapkan sebagai langkah dalam hal pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H,” pungkas Panglima.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan teknis pasca mudik lebaran mengingat masyarakat pasti tetap akan melaksanakannya meskipun sudah dilarang. Sehingga perlu juga didirikan Posko Kesehatan disetiap pos yang telah ditentukan guna meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Posko kesehatan perlu kita sediakan disetiap pos penjagaan, pelayanan dan penyekatan guna memperkecil kemungkinan dalam penyebaran Covid-19. Kami harap kepada semua jajaran terkait dalam sinergi untuk menyukseskan Ops Ketupat 2021 guna menekan angka penyebaran Covid-19,” tutur Menhub.

Pelaksanaan rapat koordinasi lintas sektoral di Mapolres Ciamis ini dilaksanakan tetap dengan mempedomani protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Seperti yang terlihat para peserta yang hadir selalu menggunakan masker dan menjaga jarak. Deded. Skr

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top