Kronik polri

Halo Polisi : Peran Bag Wassidik dalam Pengendalian, Pengawasan Penanganan Perkara di Jajaran Poldasu

MEDAN – persbhayangkara.id SUMATERA UTARA

Terdengar suara yang tidak asing lagi di HP mengucapkan salam dan selamat petang dari Zidan selaku host dari RRI Medan dan sebagai PA Mahyuni Ibrahim, sebagai tanda mulainya acara Dialog Interaktif Halo Polisi yang dilaksanakan secara daring.

Dialog Interaktif Halo Polisi ini digelar oleh Dit Reskrimum Bagian Pengawas Penyidik (Bagwasidik) Polda Sumatera Utara, Rabu (21/04/2021), sekitar pukul 15.00-16.00 WIB.

Sebagai narasumber dari Bagwasidik yakni Kompol M. Syahirul A.Rambe, S.Sos, MH, PS Kabag Wassidik Distreskrimum Polda Sumut, dan didampingi dari Humas Poldasu Penata TK I Jamaluddin S.Sos selaku Paur Mitra Subbid Penmas, dengan
topik “Peran bagian pengawas penyidik dalam pengendalian dan pengawasan penanganan perkara di jajaran Polda Sumut.”

Dialog kali ini membahas tugas-tugas Bag Wassidik Dit Reskrimum yaitu, menerima dan menindak lanjuti komplain masyarakat, laksanakan pengawasan terhadap seluruh proses sidik, membantu kelancaran proses sidik, menjaga tegaknya hukum melalui pengawasan proses penyidikan, dalam bentuk pelimpahan, jukrah, supervisi, Gelar Perkara dan monitoring. Bila dalam hal ini ada terdapat keluhan baik dari pelapor, saksi, tersangka maupun pihak lain terhadap perkara yang sedang ditangani, penyidik wajib memberikan penjelasan secara lisan atau tertulis yang dapat dipertanggungjawabkan. Jika terdapat ketidak puasanya dari pihak yang keberatan, maka Perwira pengawas penyidik wajib melakukan upaya klarifikasi pada ayat 2 berupa konsultasi, penjelasan langsung atau melalui penyelenggaraan Gelar Perkara dengan menghadirkan para pihak yang berperkara (pasal 41, perkapolri no 12 tahun 2009,tgl 30 Oktober 2009).

Pendengar RRI Medan dalam acara Dialog Interaktif cukup antusias melakukan berbagai pertanyaan, baik berupa upaya pengambilan tanah negara oleh para Mafia tanah, kasus pencurian kendaraan bermotor, bahkan sampai kasus kekerasan pada anak dan istri (KDRT), kesemuanya ini dijawab dengan lugas dan tenang, dengan nada suara yang lembut oleh Kompol M. Syahirul A.Rambe, S.Sos, MH dan sampai tehnis penyelidikan dibeberkan.

Selesai acara Dialog Interaktif insan media sempat melakukan wawancara singkat dengan Kabag Wassidik terkait adanya perbuatan Tindak Pidana walaupun tanpa adanya petunjuk, maka kasus tersebut tetap diselidiki, dicari bukti-bukti, saksi-saksi agar bisa ditemukan pelakunya.

Pelaksanaan Dialog Interaktif Halo Polisi tetap mematuhi Protokol Kesehatan. Selama acara dialog berlangsung situasi berjalan tertib, aman dan kondusif.(Ezl),

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top