Liputan Berita Politik,Hukum dan Keamanan

Giat Ops Yustisi Sinergitas 3 Pilar Gabungan Pencegahan Covid-19 Pada Bulan Ramadhan

CIAMIS – persbhayangkara.id JAWA BARAT

Giat Operasi Yustisi Sinergitas 3 Pilar Gabungan TNI-Polri dan Instansi Pemerintah dalam rangka Penanganan dan Percepatan Pencegahan Covid-19 di Kecamatan Rajadesa terutama saat ini umat Islam sedang menjalankan ibadah Puasa. Sabtu (17/4/21). 

Giat Sinergitas 3 Pilar Gabungan TNI-Polri dan Instansi Pemerintah salah satunya dilaksanakan di Kecamatan Rajadesa dipimpin Kapolsek Rajadesa Hj. Iis Yeni Idaningsih, S.H., Danramil 1311 Rajadesa dan Sekmat Kecamatan Rajadesa serta diikuti oleh Kanit Reskrim, Kanit Binmas, Kasi Pelayanan, anggota Polsek Rajadesa, anggota Koramil 1311 Rajadesa dan anggota Sat Pol PP Kab.Ciamis.

Tujuan dari Operasi Yustisi ini untuk mencegah/memutus mata rantai Penyebaran COVID-19, Operasi Yustisi ini guna menyasar masyarakat  yang tidak menggunakan masker. Operasi Yustisi Protokol Kesehatan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan warga dalam mematuhi Protokol Kesehatan dan pengamanan kegiatan ngabuburit pada bulan Ramadhan.

Operasi yustisi ini selain dilakukan secara stasioner juga mobile ke sejumlah tempat perbelanjaan dan meminta masyarakat untuk tak berkerumun dan tak nongkrong ngabuburit. Hal itu dilakukan dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Meskipun operasi dilakukan secara rutin, petugas masih mendapatkan warga masyarakat yang tidak memakai masker sehingga diberhentikan dan didata oleh petugas serta diberikan masker.

Operasi yustisi sekaligus pengamanan ngabuburit yang menyasar sekitar pasar Rajadesa, memantau aktivitas jual beli disana. “Semua dilakukan untuk mengurangi /mencegah terjadinya kerumunan dan memberikan keamanan dan kenyamanan pada aktivitas warga” pungkas AKP Hj. Iis.

Lebih lanjut Kapolsek mengatakan pihaknya tak melarang masyarakat  berjualan dan berbelanja keperluan untuk berbuka puasa. Namun petugas hanya menekankan agar tak berkerumun dalam situasi wabah Corona saat ini.

Salah satunya di area pasar Rajadesa. Di bulan Ramadhan tahun ini nampak banyak penjual takjil dadakan di sepanjang jalan depan pasar Rajadesa. Petugas mendatangi tempat tersebut dan memberikan imbauan.

“Kita mengimbau kepada masyarakat supaya tetap jaga jarak, tetap melakukan pencegahan, tidak bergerombol di tempat umum, pakai masker. Beli makan silahkan, tapi langsung pulang,” ujar AKP Hj. Iis.

Ia mengatakan Operasi tersebut dilakukan setiap hari ke sejumlah titik-titik keramaian warga berburu takjil, yang disinyalir banyak warga berkerumun.

“Kita patroli sekaligus operasi yustisi bagikan masker, mobiling memberi imbauan agar masyarakat cukup beli kebutuhan untuk buka puasa lalu pulang, dan tidak bergerombol,” tegasnya. Deded. Skr

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top