Liputan Seputar Layanan Publik

Barito Kuala Pernah Dapat Predikat Terbaik I untuk KB Pria

Kepala Dinas DPPKBP3A Kabupaten Barito Kuala Propinsi Kalimantan Selatan, Herliani

BARITO KUALA – persbhayangkara.id KALIMANTAN SELATAN

Pernah kalian mendengar KB pria? KB pria merupakan alat kontrasepsi bagi kaum pria agar wanita tidak cepat hamil ketika digaulinya, sebut saja kondom yang merupakan alat kontrasepsi pria yang populer di masyarakat.

KB untuk pria? Tentu kata ini terdengar asing bagi kita masyarakat awam.

Kita lebih akrab mendengar istilah KB hanya sebatas bagi perempuan saja, seperti pil KB, IUD, suntik, implan, tubektomi, itulah yang lebih sering kita dengar.

Tapi mungkin hanya sedikit dari kita yang bisa menjawab bahwa ada jenis KB pria seprti kondom atau vasektomi.

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Barito Kuala (BATOLA) Propinsi Kalimantan Selatan mencatat peminat KB pria sudah mulai banyak peminatnya

Pada tahun 2020 lalu kaum pria yang masuk dalam daftar ber Keluarga Berencana (KB) mencapai lebih dari 35 orang dan itu adalah angka terbanyak di seluruh Provinsi Kalimantan Selatan dengan melebihi kuota yang ditargetkan oleh BKKBN Propinsi sebanyak 20 sampai dengan 25 orang saja,

Menurut Kepala Perwakilan BKKBN Kalimantan Selatan, H. Ramalan, idealnya peminat KB pria di atas 35 orang. Meskipun demikian, dukungan terhadap kaum pria untuk ber KB terbilang luar biasa.

Itu terbukti atas diraih prestasi Kabupaten Barito Kuala peringkat sebagai 1 peringkat Akseptor KB MKJP terbukti.

Dan juga mendapatkan sertiifikat penghargaan dari kepala BKKBN Propinsi Kalimantan Selatan yang diberikan pada saat Hari keluarga nasional (Harganas) ke- 27 bulan September tahun lalu.

Herliani selaku Kepala Dinas DPPKBP3A Kabupaten Barito Kuala Propinsi Kalimantan Selatan mengatakan bahwa pihaknya telah mendapatkan Predikat terbaik Kabupaten Barito Kuala melebihi dari target Propinsi khusus untuk pria yang mau BerKB diusia produktif.

Lanjut Herliani, KB pria atau kontrasepsi pria juga bisa Anda pilih sebagai salah satu cara untuk menunda kehamilan. Meskipun kontrasepsi hormonal khusus pria dapat digunakan untuk mencegah kehamilan, namun jenis kontrasepsi yang paling umum digunakan oleh pria adalah kondom.

Ketika ditanya oleh awak media, Untuk tahun 2021 bagaimana ibu Herliani apakah tetap menjadi juara bertahan?

Dijawabnya sulit untuk memprediksi, karena di Kabupaten lainnya pihak kami belum tahu seberapa banyak perolehan dalam merekrut pria yang mau berKB.

Namun demikian pihak kami tetap optimislah untuk mempertahan predikat terbaik 1 yang telah diperoleh ditahun 2020 pungkas Herliani.

Dengan berKB bukan saja hanya menekan lajunya pertumbuhan penduduk saja melainkan menjadikan keluarga yang berbahagia dan cerdas serta benar – benar mandiri untuk menuju KS1, jika perlu sampai ke KS 3 tambah Herliani. (yuday)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top