Liputan Seputar TNI

Rakornis TMMD ke- 110 Wujud Sinergi Membangun Negeri Kodim 0903/TSR

BULUNGAN – persbhayangkara.id KALIMANTAN UTARA

Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TMMD ke 110 TA 2021 diwilayah Kodim 0903/TSR, Korem 092/Mrl bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bulungan bertempat di Kantor Makorem 092/Mrl Jalan Gelatik, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, Kamis (18/2/2021).

Rakornis tersebut dilaksanakan dengan video conference dan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19. Tampak hadir dalam rapat tersebut Brigjen TNI Suratno, SIP Danrem 092/Maharajalila, Kolonel Inf Sapta Marwindu Ibraly, SIP Dandim 0903/TSR, Bupati Bulungan diwakili Asisten 2 Khairul, Ketua DPRD Kabupaten Bulungan diwakili Tasa Gung, Ketua Bapeda diwakili Kabid Litbang Bapeda Kabupaten Bulungan Main Adrian, Kolonel Kav Suteja, SH MSi Kasi Ter Korem 092/Mrl.

Waaster Kasad Brigjen Toto Nurwanto, yang memimpin rapat tersebut memaparkan, tema TMMD ke 110 TA 2021 adalah, “TMMD wujud sinergi embangun Negeri.”

Bahwa gotong royong bukan hanya dipandang sebagai suatu kebiasaan ataupun budaya masyarakat Indonesia yang diwariskan oleh nenek moyang, lebih dari itu gotong royong lebih menjadi suatu semangat kerja keras dan kebersamaan serta bahu membahu untuk mewujudkan cita-cita bersama, ungka Waaster.

TMMD pada hakikatnya merupakan aktualisasi budaya gotong royong yang mengajak seluruh elemen bangsa untuk bergandengan tangan menyatukan perbedaan, menyelaraskan kepentingan dan mengeluarkan lagi semangat kebersamaan sebagai nilai luhur bangsa, terangnya.

TMMD merupakan salah satu cara TNI mengajak komponen masyarakat untuk bersama-sama membangun bangsa terutama pada hal-hal yang belum tersentuh oleh pemerintahan serta membutuhkan upaya percepatan. Oleh karena itu dalam menemukan sasaran TMMD dalam hal ini Kodim telah bekerjasama dengan pemerintah daerah, para tokoh masyarakat, stakeholder didaerah untuk membuat mekanisme kerja serta dukungan yang dibutuhkan untuk merealisasikan sasaran tersebut. Namun tetap dengan memberikan output outcome sehingga tepat sasaran baik dari bidang ekonomi maupun pertahanan dan manfaat dapat dirasakan langsng oleh masyarakat, ucapnya.

Dandim 0903/Tsr Kolonel Inf Sapta Marwindu Ibraly, SIP mengatakan, Secara teknis
pelaksanaan TMMD di wilayah Kabupaten Bulungan telah dikoordinasikan dengan Pemkab terutama terkait
persiapan fisik.

Adapun sasaran fisik antara lain pembersihan dan pengupasan badan jalan, pembuatan galian samping (drainase), timbunan untuk badan jalan, pembuatan jembatan kayu ulin, serta kegiatan tambahan rehab rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 5 rumah dan rehap tempat ibadah (Mushola), terangnya.(Ezl)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top