Kronik polri

Kapolri Apresiasi Kampung Tangguh Balla Ewako Program Kapolda Sulsel

MAKASSAR – persbhayangkara.id SULAWESI SELATAN

Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol. Listyo Sigit tiba di Bandara Galatika Lanud Hasanuddin Sulawesi selatan bersama rombongan, Kamis (11/2/2021), sekira pukul 17.15 Wita.

Dari Bandara Galantika Lanud, selanjutnya Kapolri bersama rombongan langsung ke Mapolda Sulsel memberikan pengarahan kepada PJU Polda Sulsel dan Personel Polda Sulsel.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol E. Zulpan dalam keterangan rilisnya mengatakan, kedatangan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit merupakan kunjungan kerja pertama diluar Pulau Jawa setelah dilantik dan didampingi Ibu By Juliati Sigit Prabowo.

“Kapoli beserta rombongannya tiba sore tadi di Bandara Galantika Lanud. Beliau dijemput Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah, Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjend TNI Andi Sumangerukka, Kapolda Sulsel Irjen Pol.Merdisyam dan seluruh Forkompimda Sulsel,” kata Kabid Humas.

Dari bandara lanjutnya, kemudian
Kapolri langsung mengunjungi Kampung Tangguh ‘Balla Ewako’ yang terletak di Villa Mutiara, Kecamatan Biringkanaya.

“Usai dari Kampung Tangguh Balla Ewako yang merupakan gagasan Kapolda Sulsel. Beliau didampingi Kapolda Sulsel, Gubernur Sulsel dan Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol.E.Zulpan dan Kapolrestabes Makassar Kombes Pol.Witnu langsung ke Mapolda Sulsel untuk memberikan pengarahan terhadap PJU Polda Sulsel dan Personel Polda Sulsel sembari beristirahat di Hotel Claro, yang selanjutnya rencana ke Sulawesi Barat,” terang Kabid Humas.

Perwira tiga bunga melati dipundaknya ini menjelaskan bahwa diketahui Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdi Syam telah menggagas program Kampung Tanggu Balla Ewako yang dikunjungi Kapolri yang bertujuan untuk menekan penyebaran covid-19.

“Alhamdulillah Program unggulan Kapolda Sulsel ini untuk memutus mata rantai penyebaran covid- 19diapresiasi Kapolri. Nah diketahui bahwa Kampung Tangguh Balla Ewako itu tersebar di 3.048 desa/kelurahan di Sulsel. Dan itu terealisasi,” beber Kabid Humas.

Dikatakan, program unggulan Kapolda ini merupakan kegiatan pembuatan Kampung Tangguh dengan melihat kearifan lokal masing-masing daerah.

“Jadi Program Balla Ewako mengedepankan sinergitas tiga pilar. Yakni melibatkan Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Lurah/Kepala Desa) sebagai basis utama pencegahan Covid-19, tak hanya itu juga berperan mendata dan mendistribusikan bantuan pemerintah. Yang terpenting Balla Ewako merupakan upaya pengembangan komunitas (community development). Dibentuk untuk memberi edukasi kepada masyarakat agar tetap disiplin dan mengubah perilaku dari yang tidak mematuhi protokol kesehatan, menjadi patuh,” urai Kabid Humas.

Dia menambahkan jika Program Balla Ewako, juga masyarakat dilatih untuk tertib dan hidup sehart serta membangun kemandirian ekonomi warga masyarakat. (Andi Akbar Raja)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru

To Top